nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Airlines Disebut Jual Tiket Domestik Jakarta-Makassar, Ini Penjelasan Menhub

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 14 320 2066428 china-airlines-disebut-jual-tiket-domestik-jakarta-makassar-ini-penjelasan-menhub-PPfDvwttrE.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Beberapa hari belakangan beredar kabar di media sosial jika maskapai China Airlines sudah mulai melayani rute penerbangan langsung domestik di Indonesia. Maskapai asal negeri Tirai Bambu itu dikabarkan melayani penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak benar jika China Airlines menjual tiket penerbangan domestik di Indonesia. Sebab menurutnya, China Airlines belum diizinkan untuk bisa melayani penerbangan domestik di Indonesia.

"Tidak ada, sebenarnya tidak ada. Itu code share, antara Garuda dengan itu (China Airlines)," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

 Baca Juga: Muncul Petisi Tolak Maskapai Asing Masuk Indonesia

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan juga menyebut jika kabar tersebut tidak benar. Sebab hingga saat ini belum ada maskapai asing yang melayani penerbangan domestik di Indonesia.

Menurut Hengki, maskapai China Airlines itu hanya melayani penerbangan dari kota di China menuju ke Bandara Soekarno Hatta. Untuk penerbangan lanjutannya tetap dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia.

"Penerbangan dari rute internasional itu kerjasama dengan Garuda, itu kerjasama di domestiknya. Indonesia juga kerjasama dengan China, dia bisa memanfaatkan rute Garuda," ucapnya

Menurut Hengki, Garuda Indonesia sebagai anggota Sky Team mempunyai kerja sama dengan China Airlines. Kerjasama ini untuk mengakomodir para penumpang asal China yang akan berpergian ke Makassar.

"Karena udah ada MoU dengan China Airlines, dia hanya bisa menjual market, tapi penerbangan domestik nasional itu (tetap dilayani) Garuda," katanya.

 Baca Juga: Maskapai Asing Masuk Indonesia, Menko Luhut: Tak Perlu Buru-Buru

Menurut Hengki, dalam dunia penerbangan hal tersebut lumrah terjadi. Sebab hal tersebut bersifat bisnis antar kedua perusahaan maskapai penerbangan dari dua negara berebeda yang sering terjadi juga di luar negeri.

"Itu adalah praktek yang lazim, itu sudah diumumkan oleh maskapainya, ada code sharing sekalian promosi kan," katanya.

Asal tahu saja, berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, China Airlines memang turut memasarkan tiket sejumlah rute penerbangan antar kota di Indonesia. Ada 18 rute yang ditawarkan, namun dengan kolaborasi nomor penerbangan (flight number) CI (China Airlines) dan GA (Garuda Indonesia).

Selain penerbangan di dalam negeri, terdapat pula kolaborasi bersama Garuda Indonesia dengan rute ke luar Indonesia. Di antara Singapore - Surabaya, Denpasar - Perth, Surabaya - Singapore, dan Perth - Denpasar.

Di bagian bawah tangkapan informasi yang beredar, tertulis jelas bahwa layanan itu dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Artinya China Airlines hanya melayani untuk penerbangan internasional dari kota di luar negeri ke kota-kota di Indonesia, yang kemudian untuk penerbangan domestiknya untuk tujuan kota-kota lain di Indonesia, tetap dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini