nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saham Facebook Turun Pasca-Luncurkan Mata Uang Digital Libra

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 07:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 19 278 2068119 saham-facebook-turun-pasca-luncurkan-mata-uang-digital-libra-TmulJgW1a5.jpg Ilustrasi Saham Facebook Turun (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Saham Facebook Inc turun 0,29% ke level USD188,47 pasca-meluncurkan mata uang kripto yang dinamai Libra. Pesaing bitcoin tersebut rencananya diluncurkan pada paruh pertama 2020.

Pada penutupan perdagangan Selasa 18 Juni 2019 waktu setempat, saham Facebook turun 0,29% ke level USD188,47. Padahal pada pembukaan perdagangan kemarin, saham Facebook sempat naik 1,5%.

Pada perdagangan kemarin, saham Facebook dibuka dilevel USD194, dengan level tertinggi USD194 dan terendah USD187.

 Saham Facebook

Seperti yang diberitakan Okezone, Facebook merilis buku putih tentang mata uang kripto yang diberi nama Libra. Saat ini, Facebook tengah menguji coba blockchain yang menjadi sistem utama penopang Libra.

Yang pasti, mata uang kripto itu memungkinkan pengguna bisa membeli barang atau mengirim uang tanpa biaya sepeserpun. Untuk dompet digital Libra, Facebook memiliki opsi untuk bekerja sama dengan pihak ketiga atau menggunakan aplikasi sendiri yang disebut Calibra yang terkoneksi dengan Whatsapp dan Facebook Messenger.

Facebook tidak sendirian dalam mengembangkan Libra. Ada perusahaan lain seperti Visa, Mastercard, Uber, dan Andreessen Horowits yang berinvestasi masing-masing 10 juta dolar AS dalam proyek tersebut. Setiap perusahaan yang terlibat dalam Libra Association itu, termasuk Facebook memiliki satu hak suara dalam mengatur Libra.

 Baca Juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Digital Bernama Libra

Libra Association akan mempromosikan blockchain berbasis open-source dan platformnya tersebut kepada pelaku usaha, sehingga Libra bisa diterima sebagai alat pembayaran. Nantinya, akan ada diskon atau rewards bagi pengguna yang menggunakan Libra untuk membeli barang.

Facebook akan membentuk anak usaha yang disebut Calibra untuk mengatur mata uang kripto itu. Pemisahan ini dinilai juga supaya privasi data pengguna tidak tertukar antara Libra dengan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Lalu dari mana Facebook akan meraih keuntungan dari Libra? Facebook bersama perusahaan yang tergabung dalam Libra Association akan mengoptimalisasi dana pengguna yang dibelikan Libra dalam bentuk bunga bank. Facebook mengklaim, keuntungan ini digunakan untuk membuat nilai Libra tetap stabil.

 Baca Juga: Wall Street Menguat Tajam Ditopang Harapan AS-China Kembali 'Mesra'

Selain itu, Facebook juga yakin kehadiran mata uang kripto ini akan membantu bisnis utamanya di bidang media sosial, terutama iklan di Facebook dan Instagram.

"Jika aktivitas perdagangan lebih banyak terjadi, maka semakin banyak bisnis kecil yang menjual baik di luar maupun di dalam platform, dan mereka akan memasang lebih banyak iklan, sehingga itu akan bagus bagi bisnis iklan kami," kata VP Blockchain Facebook, David Marcus.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini