nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Tiket Pesawat Dijamin Turun Pekan Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 20 320 2068777 harga-tiket-pesawat-dijamin-turun-pekan-depan-waxm9gcZGT.jpg Menko Darmin bersama Menhub soal Tiket Pesawat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan segera menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) domestik untuk merespons masih mahalnya harga tiket transportasi udara tersebut. Penurunan tiket pesawat LCC domestik nantinya hanya khusus jadwal penerbangan tertentu.

Keputusan tersebut diambil usai dilakukan rapat koordinasi tentang tiket pesawat pada siang hari ini. Dalam rapat tersebut, dihadiri Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution, lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, hadir juga pihak maskapai seperti Garuda Indonesia dan Lion Group. Kemudian hadir stekholder penunjang yakni PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penurunan harga tiket pesawat paling lambat berlaku pada pekan depan. Meskipun begitu belum bisa menyebutkan berapa angka pasti dari penurunan harga tiket pesawat LCC domestik tersebut.

Baca Juga: Menko Darmin Panggil Menhub hingga Bos Maskapai Bahas Tiket Pesawat

Menurut Darmin, penurunan LCC ini sudah disepakati oleh pihak maskapai. Tak hanya itu, penurunan ini juga akan disupport oleh stekholder lainya baik itu dari pengelola bandara maupun penjual avtur hingga pemerintah dengan memberikan insentif.

“Jangan tanya turunnya berapa tunggu aja. Berapa lama tunggu seminggu ini akan disampaikan oleh masing-masing maskapai,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Darmin menambahakan, dengan penurunan tiket pesawat ini diharapkan masyarakat tidak lagi mengeluhkan mengenai tiket yang masih mahal. Karena menurutnya, selama ini dirinya mendapatkan banyak keluhan jika harga tiket pesawat masih mahal.

Padahal katanya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat di kisaran 12-16%. Namun hingga saat inii, tiket pesawat masih terhitung mahal, bahkan pada musim mudik lebaran tahun ini penumpang pesawat turun 27% dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Selain Maskapai Asing, Begini Cara Turunkan Harga Tiket Pesawat

“Oleh karena itu pada hari ini untuk dua hal tadi merespon harapan masyarakat, untuk tetap menjaga keberlangsungan industri penerbangan itu telah diambil kesimpulan dan mewujudkan kebijakan,” jelasnya

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pihak maskapai mengikuti keputusan bersama ini. Bahkan dirinya berharap jika kebijakan ini bisa diterapkan segera oleh pihak airlines.

“Keberlangsungan angkutan udara harus kita jaga. Karena kita negara kepulauan harus ada seluruh pihak bersedia men-support seperti AP I dan AP II, Airnav dan pihak-pihak yang memberikan beban cost dari kumulasi (harga tarif),” kata Budi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini