Rahasia AirAsia Jual Harga Tiket Pesawat Murah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 25 320 2070630 rahasia-airasia-jual-harga-tiket-pesawat-murah-pX8488Gmkq.jpg Pesawat AirAsia (Foto: Okezone)

JAKARTA - AirAsia terus memberikan diskon kepada penumpangnya. Bahkan hal itu dilakukan sebelum adanya keputusan pemerintah terkait penurunan tarif pesawat Low Cost Carrier (LCC).

Direktur Utama AirAsia Dendy Kurniawan mengatakan bahwa ada beberapa rahasia AirAsia yang terus memberikan harga murah kepada penumpangnya. Ada beberapa poin agar tiket masih murah.

"Pertama kami hanya operasional airbus A30. Satu tipe. Ini memudahkan managing human resources. Sertifikat pilotnya cuma itu. Jadi ini nilai plus kami dibandingkan maksapia lain yang operasikan pesawat lain, tak bisa menggantikan cadangan pilot. Itu dari sisi kru," ujar dia di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga: Diminta Turunkan Harga Tiket Pesawat, AirAsia: Tarif Kami Murah

Kemudian, lanjut dia kedua, dari sisi spare part yang invetory juga sedikit. Hal itu akan lebih hemat. Ketiga, AirAsia bagian dari AirAsia grup denngan beroperasi yang besar, economic scalenya tercapai.

"Contoh kita mau cari Airbus, kita datang ke Airbus dengan butuh pewasat dari Indonesia 5, dari Thailand sekian, disatukan jadi banyak 23 tentu harganya akan beda kalau kita kumpul bareng-bareng, harganya jauh lebih baik dibandingkan butuh 5 stok," tuturnya.

Baca Juga: AirAsia Akan Terbang dari Bandara Kertajati, Cek Rutenya

Keempat, lanjut dia utilisasi pesawat. Biaya sewa pesawat itu mostly dolar. Kalau tak dipakai, biaya operasional menjadi lebih mahal. "Kalau kami rata-rata utilisiasi 12,5 jam per hari. Kami punya target 13 jam. Kendalanya adalah airport di Indonesia tidak semua 24 jam. Kami sampaikan itu. Apabila tak 24 jam ya utulisasi terbatas. Dengan utilisasi tinggi ini, cost kami efisiensi," kata dia.

Dia menambahkan bahwa Grownth Time AirAsia hanya 25 menit. Seperti AirAsia ingin landing pada pukul 09.00 WIB. Dan pukul 09.25 WIB sudah bisa take off lagi.

"Jadi kalau kita bisa bilang itu yang bedakan adalah avtur, kita bedakan. Tapi ada berita bagus juga akan hapuskan PPN. Artinya pemerintah peduli agar bisnis ini berjalan baik dan berikan harga terjangkau masyarakat dan juga bisa support ekonomi masyarakat," pungkas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini