nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istana Presiden di Ibu Kota Baru Dibangun 2021

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 19:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 26 470 2071276 istana-presiden-di-ibu-kota-baru-dibangun-2021-oSoTBAnCQL.jpg Foto: presidenri.go.id

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bakal membangun Istana Kepresidenan Republik Indonesia pada tahun 2021 di ibu kota baru. Sekaligus menjadi bangunan prioritas di tahun pertama dimulainya pembangunan ibu kota baru.

"Tentunya istana presiden salah satu yang diprioritaskan untuk dibangun sejak 2021," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dia menjelaskan, tahap awal pembangunan ibu kota baru juga sekaligus dibarengi bangunan kompleks perkantoran eksekutif. Kemudian, diprioritaskan juga pembangunan fisik kompleks legislatif, lalu yudikatiif dan bangunan strategis untuk TNI dan Polri.

 Baca Juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Sumbang 0,1% Pertumbuhan Ekonomi

Berdasarkan kajian terbaru Bappenas, kebutuhan dana untuk pembangunan gedung eksekutif, legislatif, yudikatif, serta TNI dan Polri diperkirakan mencapai Rp51,1 triliun, dari total kebutuhan biaya pembangunan ibu kota baru yang sebesar Rp466 triliun.

Dia menegaskan, untuk pembangunan Istana Kepresiden tentu akan meggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini diperlukan sebab bangunan tersebut merupakan objek vital, oleh sebab itu pendanaan dan pembangunan akan dilaksanakan langsung oleh pemerintah.

"Kita minimalkan penggunaan APBN, yang jelas istana negara pembangunannya pakai APBN," kata Bambang.

 Baca Juga: Mengenal Istana Merdeka & Istana Negara Sebelum Indonesia Merdeka

Mantan Menteri Keuangan tersebut menyatakan, hingga saat ini pemerintah memang belum memastikan lokasi tepat dari pembangunan ibu kota. Namun yang pasti arahnya ke luar Pulau Jawa, khususnya ke Pulau Kalimantan.

"Jadi arahnya sudah pasti, tinggal lokasi tepatnya," kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini