nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketemu Xi Jinping, Jokowi Bahas Perdagangan Indonesia-China

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 12:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 29 320 2072522 ketemu-xi-jinping-jokowi-bahas-perdagangan-indonesia-china-t9qOG9WBTi.jpeg Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekertariat Presiden

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela kegiatan KTT G-20 di Osaka, Jepang. Pertemuan sendiri dilakukan usai Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Men Sekertaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Usai pertemuan tersebut, Menlu Retno mengatakan, ada beberapa pembahasan pada pertemuan tersebut seperti salah satunya adalah outlook ekonomi.

“Presiden Xi juga menyampaikan hal yang sama dan di awal pertemuan Presiden juga menyampaikan outlook ASEAN mengenai Indo Pasifik dan juga mendapatkan dukungan dari RRT,” ujarnya dikutip dari Halaman Setkab, Jakarta, Sabtu, (29/6/2019).

Selain itu, pertemuan itu juga membahas mengenai upaya untuk mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dengan China. Xi berharap agar hubungan baikantara Indonesia-China bisa terus berlanjut.

Pada tahun lalu impor China terhadap CPO Indonesia sudah melampaui angka 1 juta ton yang berarti sudah lebih dari angka yang dijanjikan oleh Presiden Xi sebelumnya. Kemudian yang selanjutnya Presiden Xi menyampaikan bahwa tahun lalu Indonesia mengikuti Expo Export Import yang ada di Shanghai, dan mengharapkan agar pada tahun ini Indonesia juga mengikuti.

“Rencananya kita juga akan mengikuti dan dari pihak Tiongkok akan memberikan perhatian yang khusus kepada Indonesia,” jelasnya

Dalam kesempatan itu juga, Presiden Xi mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas suksesnya gelaran pesta demokrasi Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini