Survei BI: Optimisme Konsumen pada Ekonomi RI

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 08 20 2075959 survei-bi-optimisme-konsumen-pada-ekonomi-ri-aLLkJMdgjm.jpg Ilustrasi: Bank Indonesia

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melakukan survei konsumen pada Juni 2019. Hasilnya mengindikasikan bahwa optimisme konsumen tetap terjaga. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2019 yang berada pada level optimis (>100) yaitu sebesar 126,4, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 128,2.

Melansir keterangan BI, Senin (8/7/2019), tetap terjaganya optimisme konsumen ditopang oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Hal itu terindikasi dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuk indeks, yaitu kondisi penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama.

Baca Juga: BI Ultah ke-66, Gubernur Perry: Kami Berikan Bakti ke Perekonomian Indonesia

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga tetap baik, meskipun sedikit menurun terutama terkait dengan ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan.

Baca Juga: Dalam Seminggu, Aliran Modal Asing Masuk RI Capai Rp16,1 Triliun

Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan kenaikan harga dalam tiga bulan mendatang (September 2019). Penurunan tersebut didorong oleh terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya kegiatan distribusi barang.

Sementara itu, tekanan harga dalam enam bulan mendatang (Desember 2019) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh peningkatan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa menjelang akhir tahun.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini