nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Andalkan Borobudur hingga Industri Percepat Ekonomi Jateng

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 09 320 2076691 gubernur-andalkan-borobudur-hingga-industri-percepat-ekonomi-jateng-aZ2us8Iswr.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

BOGOR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerangkan bahwa terdapat tiga sektor yang menjadi fokus pengembangan yang akan dibantu pemerintah pusat dalam meningkatkan perekonomian Jawa Tengah.

Ketiga fokus tersebut pertama, kawasan industri. Kedua pariwisata seperti di kawasan Candi Borobudur. Ketiga, pemberesan kawasan industri yang sudah ada seperti kerjasama antara Indonesia dan Singapura di Kendal.

"Jadi ada Kendal, Brebes, dan Borobudur dalam arti luas. Jadi ini konsep integrated antara Jogja dan Jateng. Ini tiga hal yang kita sampaikan," kata Ganjar di Komplek Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/7/2019).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Percepatan Pembangunan Jateng

Ganjar menerangkan bahwa sebenarnya Pemprov Jateng mengusulkan 12 sektor yang bisa dibenahi dengan bantuan pemerintah pusat. Namun, Presiden Joko Widodo menyampaikan Pemprov Jateng harus fokus dengan pengembangan tiga sektor saja.

"Beliau sampaikan sebenarnya 'mbok iyo seluruh urusan ini dipercepat' maka mereka yang mau investasi itu ada insentif. Dan insentif rata-rata yang diminta oleh perusahaan adalah satu, tax holiday dan cepat dieksekusi, jangan bertele-tele. Atau online systemnya mesti jalan dan itu disosialisasikan," terangnya.

 Baca Juga: Jokowi Tegur Menteri Siti dan Sofyan Djalil

Selain itu, Jokowi juga meminta pengurusan izin tidak bertele-tele. Ganjar melanjutkan bahwa permintaan Jokowi tersebut juga kerap disampaikan pengusa, Kadin, hingga Hipmi.

"Kami di daerah mendukung mana yang menjadi potensi kami untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan ini bisa mendukung agregat pertumbuhan ekonomi secara nasional," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini