nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan BI Genjot Pariwisata Jakarta: Wisman Kebanyakan untuk Berbisnis

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 21:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 15 320 2079305 alasan-bi-genjot-pariwisata-jakarta-wisman-kebanyakan-untuk-berbisnis-GtfMSP0fpJ.jpg Jakarta (Okezone)

YOGYAKARTA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI), Provinsi DKI Jakarta menyebut sektor pariwisata dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Jakarta.

Kepala Tim Advisory dan Ekonomi Keuangan Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, M. Cahyaningtyas mengatakan bahwa dari sisi pengeluaran, perekonomian Jakarta didominasi oleh domestic demand-nya, terutama konsumsi rumah tangga.

 Baca juga: Permudah Akses Labuan Bajo, Jalan Lintas Utara Flores Akan Dibangun

"Sementara itu, mesin pertumbuhan ekonomi yang bersilat produktif dan dapat menopang pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan adalah investasi dan ekspor," ujar dia di Yogyakarta, Senin (15/7/2019).

 BI Jakarta (Okezone)

Dia menuturkan, dari sisi ekspor, penopang utama ekspor Jakarta adalah ekspor jasa. "Di dalamnya didominasi oleh sektor pariwisata," ungkap dia.

 Baca juga: Geber Turis, Jokowi: Banyak Maskapai Asing Terbang ke Bandara Sam Ratulangi

Dia menjelaskan, di Jakarta kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman), terutama untuk berbisnis sebesar 53%. Sedangkan untuk Wisman yang mempunyai waktu luang di Jakarta hanya 47%.

"Maka itu, kami akan melakukan pengembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition), yang dapat menjadi pijakan awal mendorong industri untuk menarik Wisman," tutur dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini