BI Terus Bersinergi Bersama Pemprov DKI Tingkatkan Pariwisata untuk Devisa Negara

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 320 2079585 bi-terus-bersinergi-bersama-pemprov-dki-tingkatkan-pariwisata-untuk-devisa-negara-vpMvrm1biT.jpg Perkotaan

YOGYAKARTA - Kantor Perwakilan DKI Jakarta Bank Indonesia (BI) terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong sektor pariwisata agar tingkatkan devisa negara.

Kepala Tim Advisory dan Ekonomi Keuangan BI Kantor Perwakilan DKI Jakarta, Maria Cahyaningtyas mengatakan bahwa, sektor pariwisata di Jakarta memiliki potensi besar yang perlu dioptimalkan dengan maksimal.

Baca juga:  Dari 10 Bali Baru, Jokowi Fokus Bereskan Semua Infrastruktur di 4 Destinasi

"Seperti di bidang bisnis atau meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE). Oleh karena itu kami akan melakukan pengembangan industri MICE yang dapat menjadi pijakan awal mendorong industri untuk menarik wisman," ujar dia di Yogyakarta, Selasa (16/7/2019).

Namun, lanjut dia ada beberapa persoalan dalam pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Seperti Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi persoalan pengembangan pariwisata.

 Baca juga: Alasan BI Genjot Pariwisata Jakarta: Wisman Kebanyakan untuk Berbisnis

"Jadi misalnya kalau kita bandingkan sama Thailand itu orang-orangnya rata-rata bisa berbahasa Inggris. Selain itu mereka juga ramah-ramah," tutur dia.

Dia menuturkan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat di kawasan pariwisata, hanya saja memang hasilnya belum terlalu signifikan.

"Maka itu, kami menyarankan agar masyarakat ikut sadar untuk mengembangkan kapasitas individu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini