nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muncul Usulan Tol Atas Laut Bekasi-Banten Lewat Reklamasi hingga Pelabuhan Merak

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 15:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 320 2081033 muncul-usulan-tol-atas-laut-bekasi-banten-lewat-reklamasi-hingga-pelabuhan-merak-NzFf2lLmkO.jpg Ilustrasi tol di atas laut (Japanvisitor)

JAKARTA - Wacana untuk membuat jalan tol Bekasi - Banten yang membelah lautan rupanya tak hanya sebatas wacana saja. Kini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memantapkan kajian untuk pembangunan jalan tol yang membelah lautan ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, ada beberapa inisiatif usulan untuk menggunakan sistem direct connection. Artinya jalan tol itu nantinya akan disambungkan dari Pelabuhan Merak disambungkan ke wilayah reklamasi kemudian hingga ke Jawa Barat bagian utara.

 Baca juga: Bocoran Rencana Proyek Tol Bekasi-Banten yang di Atas Laut

"Kemudian ada beberapa inisiatif untuk mengembangkan sistem direct connection dari tol Tangerang Merak kepada Meraknya Pelabuhan Merak. Ada beberapa pemikiran kesana," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

 Tol Bekasi-Tangerang

Kemudian ada juga usulan jika jalan tol ini akan dibuat sebagai bagian program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Jika masuk kedalam proyek NCICD, maka bukan hanya jalan tol yang dibangun, melainkan infrastruktur lainya seperti akses air bersih ataupun tanggul laut juga bisa dibangun bersamaan.

 Baca juga: Bakal Ada Tol Bekasi-Tangerang di Atas Laut Utara Jakarta

" Ide dulu kan cukup banyak yang beredar ya mulai dari zamannya pak Dahlan Iskan segala ada juga tol yang menjalani sepanjang pantai utara dan sebagainya kan sudah berkembang kemudian NCICD sebagai proyek apakah dia akan memasukan tolnya didalam proses di pemerintah sekarang," jelasnya

Namun lanjut Danang, dirinya mengaku belum menerima desain dari pembangunan jalan tol yang digadang gadang akan membelah lautan ini. Sebab masih ada banyak gagasan yang diusulkan mengenai pembangunan tol ini.

 Baca juga: Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Direksi Jasa Marga dan PP Terancam Dicopot

"Tapi sampai hari ini itu masih sebatas digagasan dan belum pernah ada official submission ke BPJT," kata Danang.

Menurut Danang, kemungkinan besar wacana pembangunan ini masih dibahas internal oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) sebagai pemrakarsannya. Jika nantinya sudah final maka akan diajukan kepada Direktorat Jenderal Bina Marga untuk nantinya diteruskan ke BPJT.

 Baca juga: Baru Bayar Rp34,7 Triliun untuk Bebaskan Lahan Tol, LMAN Masih Tunggak Rp2,63 Triliun

"Sampai hari ini belum masuk ke tempat saya jadi kalau sudah masuk ke tempat saya kan berarti sudah definitif, tapi sekarang mungkin baru dibahas antara SDA dengan Bina Marga. Mungkin ditanyakan ke beliau-beliau saja," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini