nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Hebohnya Saldo Nasabah Bank Mandiri yang Berubah Drastis

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 21:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 21 320 2081693 fakta-hebohnya-saldo-nasabah-bank-mandiri-yang-berubah-drastis-tlk8rjjQ3p.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Beberapa hari yang lalu, Bank Mandiri mendapatkan komplenan dari para nasabahnya. Pasalnya, saldo nasabah Bank Mandiri berubah, ada yang menjadi Rp0 bahkan mendadak bertambah.

Adanya perubahan pada saldo, membuat para nasabah Bank Mandiri ini langsung ramai-ramai komplen lewat akun sosial media twitter. Sejak pagi, akun twitter bank mandiri langsung diserbu oleh beberapa pertanyaan oleh nasabahnya.

Tak ingin berlarut-larut, Bank Mandiri langsung menggelar konferensi pers perihal gangguan jaringan Bank Mandiri yang menyebabkan saldo nasabah Bank Mandiri berubah drastis.

Melalui akun twitter resmi, Bank Mandiri saat ini melakukan investigasi dan meminta nasabah tidak perlu khawatir perihal saldonya. Dipastikan saldo nasabah tidak berkurang.

Berikut Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik tentang berkurangnnya saldo nasabah dari Bank Mandiri. Berikut selengkapnya:

1. Bank Mandiri Pastikan Saldo Nasabah Tak Berkurang

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening.

Bank Mandiri menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan, karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah.

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Hanya 10% Nasabah Bank Mandiri yang Saldonya Berubah Drastis

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatat ada sekitar 1,5 juta atau 10% nasabah yang mangalami perubahan saldo rekening. Hal itu terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari.

3. Minta Maaf, Bank Mandiri Janji Saldo Pulih dalam 3 Jam

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. Saldo berubah drastis ini menghebohkan dan membuat resah para nasabah.

Bank Mandiri juga menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan, karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah.

4. Biang Kerok Berubahnya Saldo Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) membeberkan penyebab saldo nasabah di rekening berubah drastis menjadi Rp0. Perubahan saldo di rekening disebakan perpindahan sistem yang rutin dilakukan.

Data 10% nasabah yang mengalami perubahan saldo itu sementara waktu, datanya dipindahkan ke sebuah back up server. Itu yang kemudian diperiksa. Saldo aslinya ada waktu tutup buku akhir.

5. YLKI Ultimatum Bank Mandiri Perbaiki Sistem IT

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memperbaiki sistem informasi teknologi (IT) perbankan miliknya agar tidak terjadi lagi kasus berubahnya saldo nasabah secara tiba-tiba.

6. Respon BI terkait Saldo Nasabah Mandiri yang Berkurang

Bank Indonesia (BI) mengharapkan gangguan sistem pembayaran yang menimpa PT Bank Mandiri (Persero) Tbk segera diatasi dan perseroan perlu memberikan informasi secepat mungkin kepada nasabah mengenai langkah penyelesaian yang telah dilakukan.

7. Bank Syariah Mandiri Tak Kena Dampak Perubahan Saldo

PT Bank Mandiri (Persero) pastikan perubahan saldo itu terjadi pada 10% nasabahnya dan tidak terdampak pada nasabah Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan Bank Syariah Mandiri (BSM)

8. Sore Hari Saldo Nasabah Bank Mandiri Sudah Normal

Pasca proses normalisasi saldo rekening nasabah, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memastikan seluruh layanan kembali beroperasi normal. Layanan tersebut meliputi mandiri online, internet banking, sms banking, ATM dan EDC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini