nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Sebut Kenaikan Suku Bunga Acuan BI Sempat Tekan Investasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 14:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 20 2082036 sri-mulyani-sebut-kenaikan-suku-bunga-acuan-bi-sempat-tekan-investasi-Z7qyv0u8gK.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menurunkan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps jadi 5,75%. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang cukup memungkinkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya berharap respons dari BI terhadap lingkungan global maupun dalam negeri dengan adanya penurunan suku bunga. Di mana kemungkinan masih akan ada langkah selanjutnya.

"Kenaikan suku bunga memang suka tidak suka muncul dampaknya ke investasi. Jika dilihat investasi agak melemah dibandingkan akhir tahun yang waktu itu mendekati 7%," ujar dia di Gedung DPR Jakarta, Senin (22/7/2019).

Baca Juga: Gubernur BI: Penurunan Suku Bunga Tetap Terbuka

Dia menuturkan, dengan penurunan suku bunga dan direction yang akan terjadi dan improvement atau perbaikan dari sisi investasi akan bisa pickup lagi di semester II 2019.

"Dengan suku bunga menurun dan stabilitas nilai tukar dan inflasi tetap baik dan growth momentum menguat di sisi lain, pemerintah lakukan policy dukung investasi baik peringkat indeks kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) dan insentif yang kita berikan seperti double deduction untuk riset, inovasi dan vokasi," tutur dia.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan BI Sebelum Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,75%

Dia juga menambahkan, pihaknya berikan tax holiday dan tax allowence diharapkan akan dapatkan momentum di semester II 2019. Di mana pandangan situasi politik dalam negeri semakin baik

"Jadi kita berharap seluruh faktor akan menunjukkan faktor positif," kata Sri Mulyani.

(dni.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini