nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinyal Kuat BI Kembali Turunkan Suku Bunga pada Semester II

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 22 20 2082042 sinyal-kuat-bi-kembali-turunkan-suku-bunga-pada-semester-ii-FAPa4XKTLK.jpg Foto: Gubernur BI Perry Warjiyo (Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali membuka peluang untuk menurunkan suku bunga acuan pada semester II-2019. Di mana dengan penurunan tersebut, akan memberikan keuntungan bagi sejumlah sektor, antar lain perbankan dan properti.

"Jadi kita semua tahu pada Minggu lalu kami telah melakukan langkah-langkah pelonggaran kebijakan. Kami sudah turunkan suku bunga. Dan penurunan suku bunga berlanjut masih akan terbuka," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di DPR RI, Jakarta, Senin (22/7/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Kenaikan Suku Bunga Acuan BI Sempat Tekan Investasi

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menurunkan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps jadi 5,75%. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang cukup memungkinkan.

Kebijakan tersebut ditempuh sejalan dengan tetap rendahnya prakiraan inflasi dan perlunya mendorong momentum pertumbuhan ekonomi. Apalagi, di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun dan stabilitas eksternal yang terkendali.

 Baca Juga: Gubernur BI: Penurunan Suku Bunga Tetap Terbuka

Menurutnya, kebijakan makroprudensial tetap akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit perbankan dan memperluas pembiayaan bagi perekonomian.

Kebijakan sistem pembayaran dan pendalaman pasar keuangan juga terus diperkuat guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini