nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Incaran Hacker, BI dan OJK Desak Bank Mandiri Perbaiki Sistem IT

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 14:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 29 320 2084950 jadi-incaran-hacker-bi-dan-ojk-desak-bank-mandiri-perbaiki-sistem-it-JfaRfmmpSY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator perbankan meminta kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) untuk memperbaiki sistem teknologi informasinya (IT). Hal tersebut menyusul adanya insiden berubahnya saldo nasabah Bank Mandiri yang terjadi beberapa waktu lalu.

 Baca Juga: Saldo Nasabah Mandiri Berubah, Ombudsman Pastikan Tak Ada Hacker

Kepala Departemen Pengawasan Bank OJK Hizbullah mengatakan, pihaknya meminta kepada OJK untuk memperkuat sistem IT-nya. Sehingga kejadian saldo berubah itu tidak kejadian lagi di masa mendatang.

“(Kami) minta Bank Mandiri pastikan sistem IT sekarang itu aman untuk ke depannya. (Bank Mandiri) diminta evaluasi dan teliti kembali semuanya agar tak terulang kembali di masa mendatang,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7/2019).

infografis

 Baca Juga: 2.670 Rekening Nasabah Bank Mandiri Diblokir, Apa Penyebabnya?

Hizbullah menambahkan, hingga saat ini pihaknya akan terus mengawasi sistem IT yang ada di Bank Mandiri agar tidak ada nasabah yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, pihaknya telah mengirim tim IT untuk memastikan sistem Bank Mandiri telah aman.

“Kita minta semua perbankan selalu update IT-nya. Selalu update, sempurnakan dan perkuat manajemen risiko dan security-nya,” ucapnya.

 Saldo Bank Mandiri

Apalagi lanjut Hizbullah, sistem IT dari perbankan ini menjadi incaran para hacker. Oleh karenanya, dirinya berharap sistem IT yang dimiliki perbankan ini bisa segera ditingkatkan meskipun hingga saat ini belum ada hacker yang mampu menembus sistem perbankan Indonesia.

“Kami minta selalu meng-update ITnya dan memperkuat management security. Karena hacker selalu berusaha masuk. Tapi sampai sekarang bisa diamankan perbankan kita. Dalam hal ini OJK konsen itu perbankan kita aman digunakan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Surveillance Keuangan BI Sempa AH Sitepu mengaku telah meminta penjelasan dari Bank Mandiri terkait ganguan teknis yang dialaminya beberapa waktu lalu. Setelah mendapat penjelasan, Sempa meminta Bank Mandiri memperbaharui sistem IT-nya.

“Kami sebagai otoritas bersama OJK sangat menjaga stabilitas sistem keuangan. (Kami) minta Bank Mandiri perbaiki semaksimal mungkin agar tidak terulang kembali,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini