nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Dibangun 2020, Pembangunan Jalan Jadi Prioritas di Ibu Kota Baru

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 02 470 2086927 mulai-dibangun-2020-pembangunan-jalan-jadi-prioritas-di-ibu-kota-baru-BLUBW8jf0D.jpeg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengungkapkan daerah di Kalimantan yang menjadi ibu kota baru pada pertengahan bulan ini. Selanjutnya, pemerintah bersama para ahli akan menyusun detail desain dan memulai pembangunan ibu kota pada tahun 2020.

Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pada tahap awal pembangunan yang menjadi prioritas adalah pengerjaan seluruh infrastruktur dasar. Diantaranya jalan, jembatan, dan air.

"Pertama pasti jalan, itu dasarnya supaya terbentuk dulu batas-batas ibu kota, sehingga nanti pembangunan lainnya bisa mengikuti," ujarnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

 Baca Juga: Kementerian PUPR Kaji Kebutuhan Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Dia menyatakan, usai pembangunan infrastruktur dasar maka akan berlanjut ke pembangunan perumahan, sarana transportasi, kesehatan dan sekolah, gedung-gedung perkantoran, serta bangunan-bangunan strategis pemerintahan.

"Perintah Pak Presiden pembangunan infrastruktur dasar dalam 4 tahun harus sudah selesai," ujarnya.

Menurut Basuki, untuk membangun seluruh infrastruktur di ibu kota baru dibutuhkan biaya sebesar Rp466 triliun. Sebagian biaya itu akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) namun dibagi dalam beberapa tahun anggaran, sehingga tak membebani.

 Baca Juga: Pakai APBN, Jalan untuk Ibu Kota Baru Siap Dibangun

Berdasarkan kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dana pemindahan ibu kota diperkirakan hanya sekitar Rp30,6 triliun yang berasal dari APBN. Dana tersebut untuk kebutuhan tahun anggaran selama 5 tahun ke depan.

 Infografis pemindahan ibu kota baru

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini