nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Investigasi Penyebab Putusnya Transmisi Ungaran-Pemalang

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 15:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 05 320 2087933 pln-investigasi-penyebab-putusnya-transmisi-ungaran-pemalang-Yesnp5JvGG.jpg Listrik (Okezone)

JAKARTA - PT PLN (Persero) tengah melakukan investigasi terkait mati listrik yang terjadi selama dua hari lamanya. Berdasarkan analisis sementara, padamnya listrik dikarenakan terputusnya jaringan transmisi di Ungaran-Pemalang.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, jaringan transmisi Ungaran Pemalang ini sangat penting keberadaannya. Sebab jaringan transmisi ini salah satu yang memasok listrik ke wilayah Jawa dan Bali.

 Baca juga: Tak Ingin Jokowi Marah Lagi, PLN Percepat Penanganan Mati Listrik Serentak

“Jadi kalau kita bicara sistem tegangan, ini bervariasi ya. Jadi dalam tegangan ekstra tinggikan melintasi sekian area,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (5/8/2019).

 Plt Dirut PLN Sripeni Inten (Foto: Okezone)

Menurut Inten, saat ini pihaknya masih mendalami mengapa jaringan di Ungaran-Pemalang bisa putus. Berdasarkan analisa sementara ada berbagai kemungkinan jaringan tersebut bisa putus dari mulai layang-layang yang menyangkut hingga pohon jatuh.

 Baca juga: Sempat Terganggu Imbas Mati Listrik, Layanan Konsumen OJK Kembali Normal

“Kami dalam proses investigasi, kadang-kadang kita suka tahu ada layangan itu bisa menyebabkan jaringan putus. Kemudian jaringan kena dahan pohon, itu juga bisa menyebabkan putus. Ini memang banyak karena jaringan 500 kV terbuka," jelasnya.

Meskipun begitu, lanjut Inten, dirinya memastikan putusnya jaringan bukan masalah sabotase ataupun efek gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu. Menurutnya, putusnya jaringan merupakan masalah teknis.

"Enggak, hari ini saya pastikan bahwa bukan masalah sabotase ini murni teknis," ucapnya.

Inten mengakui jika penanganan insiden pemadaman listrik ini berjalan dengan lambat. Sebab dalam ada dua hal yang harus saling beroperasi, sehingga harus menunggu arus listrik dari setiap pembangkit.

Saat ini lanjut Inten, proses normalisasi pasokan masih terus berjalan. Disisi lain upaya perbaikan sistem jaringan di Ungaran-Pemalang juga sedang dikerjakan.

Inten menambahkan, sambil menunggu proses normalisasi, pemadaman bergilir masih akan terjadi hingga pukul 16.00 WIB karena menunggu proses transfer listrik selesai. Saat disinggung mengenai proses normalisasi lebih dari 24 jam, dia tidak menjawab.

“Memang kami mohon maaf prosesnya lambat, kami akui. Kemudian upaya yang dilakukan PLN adalah memaksimalkan bagaimana perbaikan atau proses transfer dari timur ke barat tetap berjalan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini