Pohon Sengon Dituding Penyebab Listrik Padam, Ternyata Tingginya Bisa 40 Meter

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 320 2088390 pohon-sengon-dituding-penyebab-listrik-padam-ternyata-tingginya-bisa-40-meter-vZyTZ8awbx.jpeg Foto: Perbaikan Listrik PLN (Dok. PLN)

JAKARTA - Pohon Sengon menjadi topik yang tengah hangat menjadi perbincangan publik saat ini. Karena PLN menduga pohon sengon lah yang menjadi keladi mati listrik sejak Minggu 4 Agustus 2019.

Baca Juga: Investigasi Pemadaman Listrik karena Pohon Sengon Dimulai

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, penyebab gangguan sistem di Ungaran-Pemalang dikarenakan Pohon Sengon. Letak pohon sengon berdekatan dengan transmisi Ungaran-Pemalang.

Infografis Pemadaman Listrik PLN

Dikarenakan terlalu dekat, menimbulkan kebakaran kecil. Meski demikian, kerusakan yang diakibatkan fatal pada jaringan transmisi di sana.

“Faktanya adalah terjadi di Ungaran (Jawa Tengah), itu sutey 500 kilovolt (kv) itu ada berdekatan dengan pohon. Pohon ini mencapai ketinggian 9 meter. Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat itu ada kebakaran di sana namun tidak besar, kecil namun membuat jaringan rusak fatal,” ujarnya.

Baca Juga: Meme Mati Lampu, Giliran "Versi" PLN Muncul Langsung Dihujat

Apakah pohon sengon itu?

Melansir data Departemen Manajemen Kehutanan, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), Selasa (6/8/2019), Pohon Sengon memang dapat tumbuh sampai 40 meter (m). Bahkan cabangnya mulai dari ketinggian 20 m. Pohon ini dapat tumbuh sampai diameter 100 cm bahkan kadang kala dapat lebih daripada itu.

Meme Pohon Sengon

Pohon Sengon merupakan spesies yang asli dari Indonesia, Papua New Guinea, Pulau Solomon, dan Australia. Pohon ini sejatinya tersebar secara alami hanya di sekitar wilayah Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Sengon dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Pohon ini tidak harus dapat tumbuh pada tanah fertil, melainkan dapat juga tumbuh di tanah kering, tanah yang lembab, dan bahkan tanah asin sampai masam pun selama memiliki tingkat drainase yang baik dapat tumbuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini