nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Gaji UMP Miliki Rumah dan Tanpa Ganggu Rutinitas Nongkrong di Cafe

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 06:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 06 320 2088466 tips-gaji-ump-miliki-rumah-dan-tanpa-ganggu-rutinitas-nongkrong-di-cafe-DmbU3xvGm4.jpg Ilustrasi Mengelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Para milenial menyukai gaya hidup yang memberikan experience atau pengalaman. Seperti nongkrong di cafe, menikmati beragam jenis minuman hingga kuliner, belanja online, nonton, dan traveling.

Oleh sebab itu, generasi milenial juga dikenal dengan generasi konsumtif. Tapi menariknya, tak jarang mereka bermimpi untuk menikah dan memiliki rumah di usia 30 tahun.

Baca Juga: Syukuri Saja Gaji Kamu, Ini Tips Mengelolanya!

Untuk milenial yang merupakan lulusan baru atau freshgarduate dengan penghasilan standar UMP berkisar Rp4 juta hingga Rp5 juta, tentu mimpi itu merupakan hal yang sulit dicapai. Lantaran gaya hidup yang konsumtif akan menelan banyak penghasilan.

Oleh sebab itu, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menilai, generasi muda masa kini harus bisa mengelola keuangannya secara tepat. Sehingga mimpi untuk memiliki rumah dapat tercapai, di samping tetap menikmati kehidupan sebagai milenial yang doyan nongkrong atau traveling.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan Tetap Bisa Beli Rumah, Begini Siasatinya

"Kalau tanpa menabung, tapi hobinya jalan-jalan dan nongkrong, ini tentu jadi masalah besar," ujarnya ketika dihubungi Okezone.

Menurut Andy, tak ada yang salah dengan hobi yang dimiliki milenial jika memang bisa mengelola kemampuan finansialnya. Kata dia, milenial bisa mulai menabung dengan mengurangi tingkat konsumsinya.

Seperti soal kebiasaan nongkrong di cafe. Saat ini anak milenial hampir setiap malam suka nongkrong, atau setidaknya meluangkan waktu 3-4 kali dalam seminggu untuk nongkrong. Hal ini sangat menguras isi kantong.

"Cukup jadi sebulan sekali atau dua kali saja nongkrong-nya. Mesti rela kalau teman-temannya mengeluh atau mengejek karena enggak ikut nongkrong," ujarnya.

Di sisi lain, milenial juga bisa mencari penghasilan tambahan untuk tetap bisa menikmati hobi konsumtif itu. Seperti menjadikan hobi traveling-nya memikat pihak untuk beriklan atau istilah masa kininya mendapatkan endorse.

Atau bagi pecinta fotografi, foto-foto hasil perjalanan tersebut juga bisa dijual. Lewat website foto berbayar yang ada saat ini, seperti Getty Images atau Shutterstock. Milenial juga bisa saja berbisnis dengan berjualan di e-commerce.

Sehingga untuk kebutuhan konsumtif itu bisa didapatkan dari penghasilan tambahan. Sedangkan gaji hasil bekerja dapat ditabung untuk kebutuhan membeli rumah, seperti yang diharapkan sejak awal.

"Jadi mayoritas penghasilan (gaji) bisa digunakan untuk capai goals tadi," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini