Menteri Jonan Sebut Sistem IT Kementerian ESDM Enggak Update

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 320 2088470 menteri-jonan-sebut-sistem-it-kementerian-esdm-enggak-update-OgIKNbJltA.jpeg Foto: Peluncuran Sistem Online di ESDM

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini meluncurkan sistem perizinan online untuk semua direktorat. Peluncuran tersebut diresmikan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Baca Juga: Rapat 3 Jam, Komisi VII dan KESDM Hasilkan 5 Kesimpulan

Jonan mengatakan, perizinan online di lingkungan Kementerian ESDM target selesainya pada 2020. Namun, dirinya meminta kepada pihak terkait agar sistem online ini bisa selesai tahun ini.

"Pokoknya saya mau sistem online untuk pelayanan perizinan di ESDM selesai sebelum saya selesai. Karena sistem IT di sini kok enggak update. Targetnya memang 2020 tapi bisa diselesaikan Oktober tahun ini," ujar dia Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga: Copot Djoko Siswanto, Menteri Jonan Lelang Jabatan Dirjen Migas

Dia menuturkan sistem perizinan online ini, salah satu langkah membuat tata kelola adminsitrasi pelayanan menjadi lebih baik. Dan semoga ini bisa dimanfaatkan lebih baik kepada semua masyarakat.

"Kita sebagai ASN kan dibayar pakai pajak, cukai atau PNBP iuran royalti apalah namanya. Tapi kita dibayar kalau badan usahanya untung. Itu bagian negara 25%. Masa kita sudah dibagi seperempat tak mau bantu lebih baik. Kan rada aneh," tutur dia.

Dia juga menambahkan, bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan pelayanan perizinan di semua Kementerian harus semakin baik. Maka itu semua direktorat di ESDM akan melakukan sistem online.

"Pak Presiden Jokowi juga pesan pelayanan perizinan harus semakin lama semakin baik," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini