Imbas Kasus Khasshogi Investor Jauhi Rezim Saudi, SoftBank Justru Agresif Investasi

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 320 2089292 imbas-kasus-khasshogi-investor-jauhi-rezim-saudi-softbank-justru-agresif-investasi-pDUhWcNzcS.png Foto: CEO SoftBank Masayoshi Son (Business Insider)

JAKARTA - Pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khasshogi membuat sejumlah investor membatalkan investasi di Saudi. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi CEO Softbank Masayoshi Son.

Baca Juga: Realisasi Investasi DKI Jakarta Capai Rp54,5 Triliun di Semester I-2019

Saat ditanya, Masayoshi Son mengaku pembunuhan seorang jurnalis tersebut tidak mempengaruhi perusahaannya untuk menanbah investasi dan mengembangkan teknologi di Saudi. Dia menegaskan, pembunuhan tersebut tidak mempengaruhinya.

Investasi-Shutterstock

SoftBank dikabarkan akan menanamkan investasi sebesar USD108 miliar untuk pengembangan startup dan teknologi di Saudi.

Baca Juga: Semua Indeks Bisnis Meningkat kecuali Pertambangan dan Penggalian

"[Saya] Tidak dalam posisi untuk mengetahui semua detail dari insiden pembunuhan itu. Karena kita harus melanjutkan upaya AI dan evolusi teknologi untuk membawa manfaat bagi masyarakat, dan kita akan membuat langkah-langkah yang mantap untuk mencapai tujuan itu," kata Son, dikutip dari Business Insider, Kamis (8/8/2019).

Son mengaku tidak akan berkomentar lebih lanjut tentang topik pembuhunan jurnalis di kantor Konsulat Saudi di Istambul. Intinya, SoftBank tidak terpengaruh dalam mengembangkan bisnis di Saudi.

Sebagai informasi, pemerintah Saudi diyakini telah mengarahkan pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018. Hal tersebut sebagai pembalasan atas pandangan kritisnya terhadap rezim. Pemerintah Saudi menilai Khashoggi terbunuh dalam operasi yang tidak wajar.

Masalah tersebut membuat banyak perusahaan investasi telah berusaha untuk menjauhkan diri dari rezim Saudi atau telah berkomitmen untuk mengembalikan atau mengurangi investasi masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini