Share

Keunikan Merlion Singapura, Ternyata Punya Kembaran hingga Pernah Tersambar Petir

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 13 470 2091412 keunikan-merlion-singapura-ternyata-punya-kembaran-hingga-pernah-tersambar-petir-rETC0C8IkI.jpg Merlion (Reuters)

SINGAPURA – Siapa yang tidak tahu patung Merlion? Landmark di Singapura ini merupakan tempat populer yang menjadi pusat selfie di negara tetangga. Belum lama ini, patung ikan berkepala singa tersebut sedang dilakukan restorasi.

Restorasi Merlion dibuktikan dalam video yang direkam oleh Singapore Torism Board (STB) selama 5 menit. Selama restorasi tersebut, Merlion dibersihkan dari debu dan diaplikasikan dengan larutan anti-korosi khusus yang mencegahnya berkarat.

Namun, di balik informasi tersebut, mungkin kalian tidak menyadari restorasi ini membuat Merlion ditutup hampir 3 bulan tepatnya 11 minggu. Oleh sebab itu, melansir laman Business Insider, Jakarta, Senin (12/8/2019), Okezone memaparkan fakta-fakta ikon nasional dari Singapura tersebut.

Merlion

 Baca juga: 10 Menara Paling Menakjubkan Berbagai Negara


1. Dibangun dalam 9 bulan oleh 9 orang

Menurut Public Art Trust, Lim Nang Seng, seorang pematung, ditugaskan oleh Badan Promosi Turis Singapura untuk membangun Merlion pertama 48 tahun lalu.

Bersama dengan delapan anaknya, Lim membangun Merlion dalam sembilan bulan, yang tingginya 8,6 meter dan berat 70 ton.

 Baca juga: UEA Bangun Megaresor Supermewah Senilai Rp70 Triliun

Menurut STB, plester Shanghai putih yang digunakan oleh Lim memberi Merlion "cahaya khas dan murni".

2. Patung Marlion dapat menyemburkan air dalam 20 jam sehari

Menurut STB, merlion menyemburkan air selama 20 jam sehari. Meskipun waktunya tidak ditentukan oleh STB, setidaknya 20 jam sudah cukup untuk mendapatkan gambar yang bagus untuk pengunjung.

3. Patung Marlion 'beranak' di Korsel dan Jepang

Anda mungkin tahu bahwa Patung ini memiliki total tujuh patung Merlion di Singapura, tetapi apakah Anda pernah melihat maskot ikonik di luar Singapura?

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong menangkap basah keberadaan patung tersebut ketika dirinya ke kota Karuizawa di Jepang pada tahun 2016. Patung lain ditemukan oleh Redditor di Pulau Nami di Korea Selatan.

 Merlion

4. Merlion pernah tersambar petir

Menurut Badan Perpustakaan Nasional, patung ini pernah tersambar petir pada Februari 2009 di saat badai. Hal ini menyebabkan bagian atas Merlion berlubang serta puing-puingnya berhamburan ke bawah.

Namun, pihak Singapura dengan cepat memperbaiki dan dibuka kembali pada Maret 2009.

5. Pernah dibuat untuk kepentingan untuk komersil

Merlion juga pernah dibuat untuk menyambut tamu, kebutuhan iklan dan animasi. Merlion ditampilkan dalam iklan All Nippon Airways (ANA), di mana seorang wanita menyarankan untuk mengunjungi Merlion di Singapura untuk suaminya, yang enggan bepergian ke luar negeri.

Merlion juga membuat penampilan cameo dalam animasi terkenal seperti We Bare Bears, Phineas and Ferb dan bahkan dalam anime Jepang, yang disebut Cowboy Bebop.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini