nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Kerjaan ke Bos? Begini Tipsnya Agar Tak Gagal Paham

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 06:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 320 2091847 curhat-kerjaan-ke-bos-begini-tipsnya-agar-tak-gagal-paham-WDbWTlX5Wb.jpg Wawancara Kerja (Reuters)

JAKARTA - Pekerjaan yang rumit kadang membuat Anda stres saat berada di kantor. Apalagi, kerumitan tersebut dapat mengganggu pekerjaan dan dapat berujung dimarahi atasan.

Sebagai karyawan, kadang Anda sulit untuk mengungkapkan persoalan pekerjaan kepada atasan. Alih-alih ingin curhat, bisa jadi Anda si bos gagal paham atau malah dicap tidak mandiri dan tukang mengadu.

 Baca juga: Kena PHK Bikin Trauma, Ini Solusi Agar Tetap PD saat Wawancara Kerja

Jika sudah gagal paham, curhat kepada atasan baik dalam bentuk mengeluh atau protes bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan dan merugikan diri sendiri. Padahal tak semua keluhan merupakan kejelekan, bisa saja hal tersebut menjadi masukan atau saran kepada atasan.

Wawancara 

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (15/8/2019), Anda bisa ajukan keluhan kepada atasan dengan mudah dan didengar. Berikut tipsnya.

 Baca juga: Punya Rekan Kerja yang Sering Ngeluh? Ikuti 5 Langkah Mengatasinya

1. Lakukan riset

Sebelum Anda menerima pekerjaan, ketahui misi perusahaan, nilai-nilai dan budaya agar anda tidak terkejut saat sudah diterima di perusahaan tersebut. Karena perbedaan visi, misi dan budaya dapat mempengaruhi perdebatan selama Anda bekerja, jadi lakukan lah riset.

2. Cari tahu hak Anda

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan akan mendapatkan perlindungan hukum. Oleh sebab itu, sebagai karyawan saat membantah atau mengeluh ke atasan dan dibalas dengan hal merugikan, Anda dapat melaporkannya ke badan hukum.

 Interview dengan Bos Ilustrasi

3. Terorganisir

Walaupun kita dapat membantah atau memprotes atasan, namun perlu diingat bahwa kata-kata yang dilontarkan pun harus terorganisir dan tidak boleh menyerang secara pribadi karena sudah pasti anda akan kehilangan pekerjaan saat hari itu juga.

4. Jaga emosi

Jika Anda tidak setuju dengan sesuatu yang dilakukan atasan Anda, tetaplah tenang dan hindari reaksi spontan seperti posting media sosial. Bila tidak, sangat membuat Anda terlihat buruk di depan atasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini