nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Rekan Kerja yang Sering Ngeluh? Ikuti 5 Langkah Mengatasinya

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 06:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 320 2090919 punya-rekan-kerja-yang-sering-ngeluh-ikuti-5-langkah-mengatasinya-77JbWKqleK.jpg Lingkungan Kerja (Business Insider)

JAKARTA - Saat kita memasuki dunia kerja, pastinya kita akan dihadapi dengan rekan kerja yang baru pertama kali kita temui. Setiap rekan kerja pastinya memiliki sifat yang berbeda-beda, dan pastinya ada yang sering mengeluh ada juga yang tidak.

Memang emosional dapat mengubah suasana kerja menjadi negatif. Emosional dari seorang rekan kerja bisa menular ke siapa saja. Bahkan, bisa saja membuat moral dan produktivitas kerja menjadi tidak stabil. Meskipun sulit menghadapi rekan yang suka mengeluh, namun tetap saja ada solusinya.

 Baca juga: Jangan Keluarkan Kata-Kata Ini saat Wawancara Kerja, Bisa Auto-Ditolak!

Melansir CNN Money, Jakarta, Selasa (13/8/2019), berikut tips-tips cara menangani rekan kerja yang selalu mengeluh.

 Keluhan kerja

1. Cari Polanya

Bila Anda mengetahui siapa yang sering mengeluh di tempat kerja, cobalah cari penyebabnya. Telusuri juga pola yang membuat rekan Anda mengeluh.

“Apakah mereka mengeluh karena ketidakmampuan, kesepian, ketakutan, keletihan? Apakah itu terjadi pada waktu tertentu setiap hari? Dapatkan petunjuk tentang itu dan itu mungkin membantu Anda menghentikannya sejak awal," ujar Pakar Komunikasi, Lynn Taylor.

 Baca juga: Gila Kerja, Ini Negara dengan Cuti Terburuk

Seringkali ketika orang takut akan sesuatu, mereka beralih ke mengeluh sebagai cara membuatnya tenang. Sehingga menemukan akar permasalahan dan membantu meringankannya dalam ‘jurang’ keluhan.

2. Tarik Perhatian

Para pengeluh biasanya membutuhkan audiensi. Oleh sebab itu, jika Anda tidak memberi ruang untuk mendengarkan keluhannya, mereka akan cari orang lain.

 Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan yang Menjanjikan Gaji Fantastis bagi Wanita

Mengubah subjek bisa menjadi jalan keluar yang bagus. Berilah hal-hal menyenangkan tentang tempat kerja dirinya dan Anda.

Serta, janganlah tergoda untuk masuk dalam keluhannya, itu hanya akan menambah api menjadi besar.

3. Tetapkan Batas

Jika Anda bekerja sama dengan pengeluh yang terus-menerus dan harus sering bertemu, tentukan batasan yang jelas.

Jika pengeluh datang ke ruangan Anda, cara yang baik untuk membatasi percakapan adalah dengan yang telah dialami diri Anda. Dengan cara ini dijelaskan bagaimana Anda mengubah pendekatan Anda ke situasi kerja.

 Teman Kerja

Anda dapat menyatakan solusi pribadi, bahwa Anda akan berhenti mengeluh karena tidak akan mengubah situasi.

4. Dekati dengan hati-hati

Mungkin sulit untuk memberi tahu seseorang bahwa sikap negatif mereka memengaruhi pekerjaan Anda.

Disarankan, jika Anda perlu berbicara tentang subjek yang sensitif, bertanyalah terlebih dahulu. Apakah dia mau terbuka untuk membicarakannya.

Anda tidak perlu mendesak dia dengan sesuatu yang mungkin membuatnya tidak nyaman. Ini membantu mereka menjadi kurang defensif

 Baca juga: 20 Pekerjaan Kontroversial, Diminati 90's Tapi Justru Dijauhi Milenial

5. Libatkan Bos

Jika situasinya tidak terkendali dan memengaruhi produktivitas Anda, pertimbangkan untuk meningkatkannya kepada pemimpin tim. Pergi ke atasan Anda bisa berisiko dan membuat Anda terlihat seperti seorang pengeluh.

Jadi, bersikaplah bijak dengan cara pendekatan Anda sendiri. Hadirkan sebagai masalah bisnis, bukan sebagai masalah kepribadian dikarenakan Manajer benci masalah kepribadian.

Sebutkan bahwa Anda khawatir hal itu memengaruhi semangat kerja di kantor dan Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan karena interaksi dengan pengeluh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini