nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Khusus PNS Bakal Dibangun di Tanah Negara

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 470 2091927 rumah-khusus-pns-bakal-dibangun-di-tanah-negara-dCXdZ3n9Z3.jpg Pembangunan Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan rencana pengoptimalan aset negara untuk dibuatkan perumahan khusus Aparatur Sipil Negara (ASN). Beberapa tanah yang menjadi milik negara sedang disiapkan untuk program perumahan khusus ASN.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, saat ini Kementerian Keuangan sedang melakukan pembicaraan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dari obrolan dan diskusi memunculkan wacana untuk pembangunan rumah khusus ASN dengan memanfaatkan aset dan tanah milik negara.

Baca Juga: Program Sejuta Rumah Tak Capai Target, PUPR: Kurangnya Tidak Banyak

Nantinya rumah yang dibangun ini dikhususkan untuk ASN, TNI dan Polri yang masih aktif. Namun statusnya bukan menjadi individu yang bersangkutan melainkan masih menjadi aset negara

“Kita bekerja sama dengan Kemenerian PUPR membangun rumah untuk ASN. Pada saat diskusi Kementerian PUPR kami melihat ada kesempatan untuk mengkombinasikan perumahan ASN selama mereka aktif menjabat,” ujarnya di Kantor DJKN Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Sejauh ini, rumah tersebut akan diberikan secara cuma cuma kepada ASN, TNI dan Polri. Namun tidak bisa dimiliki sebagai rumah milik sendiri karena statusnya masih aset negara.

Baca Juga: Jokowi Punya Program 1 Juta Rumah, Prabowo Bakal Bangun 3 Juta Rumah

“Banyak tanah tanah milik negara. PUPR sudah membuat rumah susun di atas negara. Tapi mereka juga meminta kepada TNI, Polri untuk prajurit prajurit. Kami kerja sama dengan DJKN apa yang bisa di tawarkan,” jelasnya

Menurut Isa, pembangunan rumah khusus ASN,TNI dan Polri ini dalam rangka untuk mendukung kerja dari aparat negara dalam melayani masyarakat. Karena sebagai abdi negara, baik ASN, TNI maupun Polri sering kali ditugaskan ke wilayah yang jauh dari rumahnya.

“Jadi kita juga memikirkan rumah rumah yang tidak dimiliki. ASN kan bisa ditugaskan di mana saja. Ibaratnya membawa koper saja. Di tempat baru mempunyai tempat tinggal baru. Sepanjang aktif mereka tersedia,” jelasnya.

Isa yakin program ini bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, Kementerian PUPR juga telah menjalankan program satu juta rumah dengan sangat baik setiap tahunya dengan memberikan rumah subsidi bagi masyarakat.

“Jadi ini menjadi pemikiran yang lebih komperhensif ketersediaan rumah bagi ASN, TNI, Polri. Kalau kita lihat program PUPR luar biasa tentunya atas arahan bapak Presiden (Joko Widodo),” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini