nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pidato Kenegaraan, Jokowi Banggakan Laporan Keuangan Lolos WTP

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 09:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 20 2092605 pidato-kenegaraan-jokowi-banggakan-laporan-keuangan-lolos-wtp-wdaDRyEiWY.jpg Jokowi Pidato Kenegaraan (Okezone)

JAKARTA - Perubahan teknologi yang begitu cepat membuat semua orang harus beradaptasi dengan cepat. Oleh karena itu, dalam pidato kenegaraan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta fleksibilitas dari kementerian lembaga.

Jokowi mengungkapkan, tata kelola pemerintahan yang baik mutlak dibutuhkan saat ini. Apalagi, tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan harus dikembangkan.

"Tata kelola yang efektif dan efisien, yang gesit, lincah, dan cekatan menghadapi perubahan juga harus terus diupayakan," kata dia pada Pidato Kenegaraan dalam Rangka HUT ke-74 Indonesia, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Jokowi: UU yang Menyulitkan Rakyat Harus Kita Bongkar

Oleh karena itu, sebagai lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, peranan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sangatlah penting.

Menurutnya, BPK mengemban tugas penting, untuk memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya, setiap Rupiah dalam APBN harus digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

"Alhamdulillah, laporan keuangan pemerintah pusat 2016-2018 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP," ungkap dia.

Baca Juga: Jokowi: Untuk Menjadi Negara Kuat Tidak Bisa Jalan Sendiri

Pemerintah Daerah (Pemda) juga mencatat prestasi. Pemda dengan WTP berhasil ditingkatkan dari 47%. "Di tahun 2014 menjadi 78% di tahun 2018," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini