nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pidato Kenegaraan, Terselip Doa Anggota DPD Ibu Kota Pindah Kaltim

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 16 320 2092714 pidato-kenegaraan-terselip-doa-anggota-dpd-ibu-kota-pindah-kaltim-4uqaAJ5Jjs.jpg

JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kalimantan Timur Muhammad Idris berharap pemindahan ibu kota baru menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan di Indonesia.

Hal itu, dia sampaikan pada saat memimpin doa sidang bersama DPD dan DPR RI di Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Saya harap, ibu kota baru diharapkan dapat meratakan ekonomi yang selama ini tersentralisasi di Pulau Jawa," ujarnya.

Meskipun hingga saat ini lokasi ibu kota baru belum diputuskan tempatnya. Dirinya, menyebutkan Kalimantan Timur akan menjadi Ibu kota Indonesia yang selanjutnya.

"Sekiranya pemindahan ibu kota Republik Indonesia itu Ya Rabb, sebagai solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan di ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia maka mohon bulatkan tekad para pemimpin kami, para pejabat kami, lembaga tinggi negara, para alim ulama, para cendikiawan, para cerdik pandai, masyarakat, khususnya untuk memindahkan di provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, negara yang negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," ungkap dia.

Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Bukan Hanya Jakarta dan Jawa tapi Seluruh Pelosok Tanah Air

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) untuk memindahkan Ibu Kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Hal tersebut disampaikan langsung dalam pidato kenegaraannya hari ini.

Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Menurut Jokowi, kesempatan ini dinilai tepat untuk meminta izin memindahkan ibu kota negara. Pasalnya seluruh pejabat dark mulai Eksekutif, Leeslatif hingga Yudikatif berkumpul semua pada hari ini

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi dalam pidato kenegaraan.

 Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Menurutnya, pemindahan ibu kota adalah semata-mata untuk mewujudkan pemerataan ekonomi. Karena selama ini ekonomi Indonesia masih bertumpu di pulau Jawa.

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” katanya.

 Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini