nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Persiapkan SDM Unggul Hadapi Persaingan Antar Negara

Sabtu 17 Agustus 2019 12:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 17 320 2093183 wawancara-khusus-presiden-jokowi-persiapkan-sdm-unggul-hadapi-persaingan-antar-negara-bHCrADuDVd.jpg Foto: Jokowi saat Pidato Nota Keuangan (Okezone)

JAKARTA - Tema HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI) pada tahun ini ‘SDM Unggul Indonesia Maju’. Tema itu dilakukan penyempurnaan melalui surat No. B-779/M.Sesneg/SET/TU.00.04/07/2019. Surat tersebut ditandatangani Mensesneg pada 23 Juli 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, fokus utama dalam pembangunan pada 2020 adalah sumber daya manusia (SDM), setelah sebelumnya hanya mengandalkan sumber daya alam (SDA).

"Ya, kita ini sudah berpuluh tahun ya bertumpu terus kepada sumber daya alam dan sumber daya alam itu kalau kita eksploitasi terus akan habis," kata Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan iNews TV.

 Baca Juga: Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Hati-Hati dengan Kedaulatan Data

Untuk itu, fokus pembangunan ditujukan kepada pembangunan SDM agar Indonesia mempunyai SDM unggul dan mewujudkan Indonesia maju.

Berikut ini petikan wawancara khusus dengan Presiden Joko Widodo.

SDM Unggul, Indonesia Maju. Sebenernya Apa Makna dari Tema Tersebut Pak?

 

Ya, kita ini sudah berpuluh tahun ya bertumpu terus kepada sumber daya alam dan sumber daya alam itu kalau kita eksploitasi terus akan habis. Booming minyak kita sudah lewat, booming kayu kita tahun 80-an sudah lewat juga, ini booming mineral minerba juga sudah hampir lewat, sehingga ke depan yang ingin kita angkat yang kita tonjolkan dalam kompetisi antar negara ya SDM kita sumber daya manusia kita.

Oleh sebab itu, kalau lima tahun yang lalu kita konsentrasi, fokus kepada pembangunan infrastruktur lima tahun ke depan kita akan fokus kita akan konsentrasi pada pembangunan manusia ke sana.

 Baca Juga: Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Dunia Berubah Cepat Sekali

Lima Tahun Fokus untuk Pembangunan Manusia?

Iya, meskipun pembangunan infrakstruktur juga tetap jalan.

 Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Tidak Khawatir Nanti Digadang-gadang 'Wah Ini Keberhasilannya Sulit Diukur atau Segala Macem'. Bagaimana Strateginya?

 

Enggak, jadi sama infrastruktur itu juga tidak bisa dinikmatinya sekarang, mungkin baru akan kelihatan 10 tahun 15 tahun yang akan datang.

 

Pembangunan manusia juga sama pembangunan SDM ini juga sama akan kelihatan 10 mungkin 15 tahun lagi. Tetapi tidak ada pilihan lain sekarang ini, enggak ada pilihan lain ini harus dikerjakan tanpa harus kita berpikir return politiknya apa return ekonominya apa enggak ini sudah menjadi visi kita 5 tahun kedepan untuk pembangunan sumber daya manusia.

 Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Apakah Ini Sebagai Langkah Awal untuk Menyambut Bonus Demografi pada 2030?

iya, justru basisnya ada di situ. Karena kita akan memiliki sebuah bonus demografi 5-10 tahun yang akan datang ini harus disiapkan, harus direncanakan, dan langsung harus dikerjakan.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini