nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Inka Buka-bukaan soal 'Kuburan' Bus Transjakarta

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 15:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 320 2093839 bos-inka-buka-bukaan-soal-kuburan-bus-transjakarta-p8Ylxsvhlq.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Inka (Persero) buka-bukaan terkait kasus mangkraknya puluhan unit bus Transjakarta di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Pasalnya, bus mangkrak tersebut merupakan garapan Inka.

Total yang dikerjakan Inka pada saat pengadaan tahun 2013 adalah 36 unit. Sayangnya, sejak rampung dibangun, bus itu belum pernah digunakan sama sekali.

 Baca Juga: Bus-Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Catnya Sudah Memudar

Direktur Utama Inka Budi Noviantoro mengatakan, pihaknya sudah mengikuti pengadaan bus tersebut sesuai prosedur pelelangan. Ketika itu, Pemerintah Provinsi DKK Jakarta membuka lelang bus berbahan bakar gas.

"Jadi pada saat pemerintah DKI melelang bus berbahan bakar gas, Inka ikut. Lelang beneran, bukan afiliasi macem-macem. Kita menang, dan pasti tidak ada kongkalikong," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (19/8/2019)

 Baca Juga: Puluhan Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Dipastikan Milik PT INKA

Budi pun membantah jika bus yang mangkrak tersebut merupakan produksi China. Hal ini sekaligus membantah tudingan jika bus yang belum dioperasikan itu mangkrak karena buatan China.

 Bus Transjakarta

Menurutnya, paket yang dilelang dengan kasus bus produksi China ini yang terjerat kasus hukum itu berbeda. Terkait hal ini, pihaknya sudah menyampaikan penjelasan ke sejumlah instansi berwenang.

“Dan itu betul-betul diproduksi di Inka, bukan bus China. Karena dulu itu memang ada perusahaan abal-abal demo macam-macam," kata Budi.

 Baca Juga: Soal Transjakarta Terbengkalai, PT INKA Ogah Kembalikan DP ke Pemprov DKI

Budi menambahkan, kasus hukum pengadaan bus asal China ini mencuat, Inka sebenarnya telah menyelesaikan seluruh kontrak. Hanya saja, masih perlu pengujian tipe bus listrik yang belum dilakukan.

Bus Transjakarta

Padahal bus ini sempat akan dilakukan uji coba. Namun karena alasan hukum Gubernur DKI Jakarta saat itu memutuskan untuk memberhentikan seluruh proyek pengadaan bus termasuk pengujianya.

"Nah untuk itu kita sudah minta untuk difasilitasi, kenapa berkali-kali. Progresnya adalah, ada temuan BPK yang menyatakan harus dibatalkan. Jadi ini sedang proses. Kita minta rekomendasi BPK," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini