nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Butuh Kredit Usaha, Simak Seluk-beluknya di Sini

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 20:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 320 2095907 butuh-kredit-usaha-simak-seluk-beluknya-di-sini-DePP7oGpew.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Sebelum membuka usaha tentunya dibutukan modal usaha. Jika kamu tidak memilikinya, salah satu cara yang perlu ditempuh adalah mendapatkan kredit usaha.

Untuk bisa mendapatkan kredit usaha di bank, ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Berikut ini selengkapnya seperti dikutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jumat (23/8/2019).

 Baca juga: Membeli Rumah atau Mobil yang Harus Didahulukan?

Apa Itu Kredit Usaha?

Kredit Usaha adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari bank untuk mendukung tujuan usaha, dengan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta pembayaran bunga dan biaya lainnya.

 Kredit usaha

Ragam Kredit Usaha Apa Saja?

Pinjaman diberikan untuk mendukung keperluan usaha Nasabah (Peminjam) yang mencakup:

 Baca juga: Mungkin Enggak Sih Ambil Cicilan Rumah dan Mobil Sekaligus?

- Kebutuhan Modal Kerja, yakni untuk menutupi kebutuhan pembelian persediaan ataupun membiayai piutang dagang. Umumnya jangka waktu pinjaman antara 1-3 tahun dan bank bisa memberikan kesempatan kepada Nasabah untuk memperpanjang fasilitas kreditnya apabila telah jatuh tempo. Pembayaran kredit dapat dilakukan secara mencicil atau sekaligus lunas.

- Kebutuhan Investasi, yakni untuk mendukung kebutuhan dana pembiayaan investasi jangka panjang seperti pembelian kios, ruko, mesin, pembangunan pabrik atau pembelian kendaraan dan lain-lain. Jangka waktu kredit investasi pada umumnya cukup panjang dan biasanya lebih dari 3 tahun. Umumnya pelunasan kredit investasi dilakukan dengan mencicil pokok bunga secara bulanan.

Persyaratan untuk Bisa Mendapatkan Kredit Usaha?

Nasabah wajib memenuhi beberapa persyaratan dalam mengajukan kredit, antara lain:

- Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia atau Badan Usaha yang berkedudukan di Indonesia.

- Menyerahkan dokumen yang disyaratkan seperti SIUP, TDP, NPWP dan izin-izin lainnya.

- Jenis usaha tidak bertentangan dengan hukum dan tidak bersifat spekulatif.

- Menyerahkan agunan apabila disyaratkan bank.

- Memenuhi penilaian kelayakan dari Bank.

Baca juga:  Kenali 1 Tanda Bahwa Keuanganmu Tidak Sehat

Apakah Kredit Usaha Membutuhkan Agunan Kredit?

Pada prinsipnya agunan kredit adalah kelayakan usaha berupa arus uang usaha Peminjam, namun ada kalanya bank membutuhkan agunan tambahan berupa aset untuk lebih meningkatkan keyakinan bank.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini