nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semakin Cepat Ibu Kota Pindah Baik untuk Pemerataan Ekonomi RI

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 14:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 470 2096099 semakin-cepat-ibu-kota-pindah-baik-untuk-pemerataan-ekonomi-ri-Ofsp9EeXqG.png Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan menjadi salah satu fokus Presiden Jokowi lima tahun ke depan. Percepatan pemindahan ibu kota diyakini bisa meningkatan dan memeratakan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Asian Games Pupuskan Ide Bung Karno Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya

Founder Bhineka Institute Arya Sinulingga menilai, beban Jakarta semakin berat ditambah daerah penyangganya. Ketika jam-jam sibuk, beban Jakarta bisa terlihat dengan kemacetan yang bukan main.

Desain Ibu Kota Baru

Selain itu, beban Jakarta semakin berat ketika ada survei lingkungan soal polusi udara di ibu kota yang sangat berat. Dengan berbagai beban itu, ibu kota sudah selayaknya dipindah.

Baca Juga: Kemendagri Usul Tidak Ada Pilkada di Lokasi Ibu Kota Baru

"Menurut saya semakin cepat semakin baik, karena beban Jakarta besar. Apalagi kerugian besar karena macet, polusi udara bahaya yang mematikan. Jadi semakin cepat semakin baik," ujarnya, diskusi Polemik MNC Trijaya soal Gundah Ibu Kota Dipindah di D'consulate Resto & Louge, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Infografis Pemindahan Ibu Kota

Menurutnya, rencana pemindahan ini akan memicu pertumbuhan ekonomi bergerak semakin cepat. Hal ini akan mendukung upaya pemerintah yang gencar membangun infrastruktur diberbagai daerah.

Desain Ibu Kota Baru

"Langkah Pak Jokowi ingin melakukan percepatan ekonomi dengan melakukan pemerataam infrastruktur yang dibangun. Namun dengan percepatan pemindahan ibu kota akan menuju visi Indonesia maju dengan speed kencang bukan main," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini