nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hakteknas 2019, Menristekdikti Ingin Startup Anak Muda Saingi Gojek dan Tokopedia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 13:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 25 320 2096348 hakteknas-2019-menristekdikti-ingin-startup-anak-muda-saingi-gojek-dan-tokopedia-hOQz3sMdEI.jpg Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto: Okezone.com/Yohana Artha Uly)

DENPASAR - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar serangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019 yang berlangsung di Denpasar, Bali. Hakteknas diharapkan bisa membangkitkan semangat seluruh masyarakat Indonesia dalam meningkatkan inovasi di setiap daerah.

Menristekdikti Mohamad Nasir menyatakan, terlebih di era industri 4.0 saat ini, pengembangan teknologi sudah menjadi hal yang sangat penting. Sebab, inovasi teknologi mampu mendorong kemajuan bangsa, khususnya dalam hal perekonomian.

 Baca juga: Bisnis Minuman Anak Jokowi Dapat Suntikan Rp71 Miliar, Digunakan untuk Apa?

"Ini diharapkan jadi momentum bagi para anak muda untuk mengembangkan potensi teknologi mereka di bidang startup. Kalau bisa, bahkan melebihi startup yang sudah dikenal se-Asia seperti Gojek, juga Tokopedia," ujar Nasir dalam acara di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Minggu (25/8/2019).

 Startup

Nasir menilai, Indonesia mampu mengembangkan beragam inovasi kedepannya, potensi ini tercermin dari keberhasilan startup di Indonesia. Seperti Go-Jek yang telah menjadi decacorn (valuasi diatas USD10 miliar), serta Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak yang menjadi unicorn (valuasi diatas USD1 miliar).

 Baca juga: Menko Luhut Sebut SoftBank Bakal Suntik Startup Aruna

"Saya yakin ke depan akan banyak inovasi-inovasi dari masyarakat, apalagi dari anak-anak di Bali. Inovasi tersebut jangan hanya berhenti sampai di prototype, ini akan terus kami dorong, supaya perekonomian di Indonesia semakin baik," ujarnya.

Dalam kegiatan Hakteknas tahun ini juga terdapat Ritech Expo 2019, yang merupakan pameran dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di berbagai bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa.

Dia menyatakan, pameran ini bertujuan memasyarakatkan inovasi-inovasi teknologi yang tengah dilakukan anak bangsa."Mudah-mudahan dengan hal ini inovasi-inovasi daerah akan bermunculan, sehingga ekonomi masyarakat bisa berbasiskan teknologi," kata dia.

Sebelumnya, rangkaian acara lebih dahulu dibuka dengan melakukan jalan sehat bersama yang diikuti sekitar 15.900 peserta. Selain diikuti oleh Nasir, juga Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama dengan beberapa petinggi dan pimpinan direktorat jenderal serta Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) Kemenristekdikti, serta civitas dan mahasiswa dari berbagai universitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini