nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infrastruktur Lengkap, Kaltim Layak Jadi Ibu Kota Baru

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 10:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 470 2097085 infrastruktur-lengkap-kaltim-layak-jadi-ibu-kota-baru-Ym3X8bYWhN.jpg Infrastruktur Lengkap, Kaltim Layak Jadi Ibu Kota Baru (Foto: Jasa Marga/Tol Balikpapan-Samarinda)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi ibu kota baru.

Merespons hal itu, Direktur Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan bahwa lokasi ibu kota baru yang dipilih Presiden Jokowi infrastrukturnya sudah cukup mendukung.

"Seperti sudah ada jalan tol, bandara dan pelabuhan laut juga. Di mana lokasinya ibu kota baru sangat strategis di antara Balikpapan dan Samarinda," kata dia kepada Okezone, Selasa (27/8/2019).

 Baca Juga: Begini Persiapan Kontraktor Bangun Ibu Kota Baru di Kaltim

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah melakukan pemilihan yang tepat bagi ibu kota baru. Karena, lahan kosong. Di mana nantinya ada kesempatan pemerintah membangun kota dari nol, merancangnya dengan visi sebuah kota baru yang benar-benar bisa mengaplikasi konsep smart city berbasis digital.

"Hal ini sulit dilakukan kalau membangun kota yang sudah terlanjur jadi," tutur dia.

 Baca Juga: BKN Bocorkan PNS yang Pindah ke Ibu Kota Baru

Kemudian, lanjut dia, dekat dengan kota-kota yang sudah tumbuh, yang artinya sudah tersedia dan didukung oleh infrastruktur yang cukup lengkap.

"Dengan demikian tidak terlalu banyak yang harus dibangun. Biaya menjadi lebih kecil, prosesnya juga tidak terlalu lama. Di sisi lain, manfaat yang bisa diambil dari proses pembangunan bisa lebih cepat dan lebih besar," ungkap dia.

 Desain Ibu Kota Baru

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini