nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naik KA Bandara Solo, Hanya Butuh 30 Menit Sampai Adi Soemarmo

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 17:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 320 2098232 naik-ka-bandara-solo-hanya-butuh-30-menit-sampai-adi-soemarmo-5uenxplC4F.jpg Peron Bandara Stasiun Balapan Solo. (Foto: Okezone.com/Bramantyo)

SOLO - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro meresmikan peron Bandara Stasiun Balapan Solo. Dengan dioperasionalkannya peron ini, nantinya warga yang ingin pergi menggunakan moda transportasi pesawat terbang, hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk tiba di bandara.

Baca Juga: Sudah 79%, KA Bandara Adi Soemarmo Siap Dioperasikan Juli

Hanya saja, sembari menunggu jalur perlintasan menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo selesai dibangun dan baru bisa dilalui awal September nanti, untuk sementara peron kereta api bandara yang terletak di jalur 8,9, dan 10 emplasemen ini difungsikan untuk mengantar para penumpang menuju bandara internasional Adi Sucipto dan New Yogyakarta International Airport.

Dalam peresmian, Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengaku sangat kagum dengan desain interior peron KA Bandara yang unik.

KA Bandara Solo

Segala fasilitas mulai pendingin udara atau air conditioner (AC), area bebas rokok, disabilitas people, toilet, ruang tunggu, pintu otomatis, dan sebagainya disiapkan di peron KA Bandara ini.

Dimana desain modern yang ditonjolkan di bangunan ini menggunakan atap setengah lingkaran lonjong dari bahan Alumunium Composite Panel (ACP). Sementara dindingnya memanfaatkan kaca, lantai peron menggunakan batu granit warna putih.

Baca Juga: YLKI: MRT Harus Tambah Fasilitas agar Tidak Seperti LRT Palembang dan Kereta Bandara

Ditambah skybridge penghubung ke Terminal Tirtonadi inipun semakin memanjakan warga yang hendak berpergian.

"Keberadaannya ruang tunggu dan peron KA bandara di stasiun Balapan juga terkoneksi dengan moda tranportasi lain dan pastinya menjawab masalah transportasi di masa mendatang," papar Edi Sukmoro, Kamis (29/8/2019).

Menurut Edi Sukmoro, Peron KA Bandara Stasiun Balapan Solo ini bisa menjadi rule model dan percontohanan untuk diterapkan di KA Bandara di wilayah lain.

Sementara itu anak perusahaan PT KAI, PT Kereta Api Properti Manajemen (KAPM) melalui Dirutnya Dwiana Slamet Riyadi mengatakan pembangunan KA Peron Bandara ini untuk difungsikan sebagai penghubung antara Bandara Adi Soemarmo, Bandara Adi Sucipto dan New Yogyakarta International Airport.

KA Bandara Solo

Sedangkan proyek ini sendiri mulai dilaksanakan selama 240 hari sejak 26 September 2018 lalu ini dan rampung pada 30 Juni 2019 lalu.

"Semua fasilitas yang dibangun juga mempertimbangkan untuk disabilitas. Agar disabilitas pun bisa menggunakan fasilitas ini,"pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini