nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Minta PLN Libatkan Swasta Garap SPLU

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 10:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 31 320 2098907 menko-luhut-minta-pln-libatkan-swasta-garap-splu-D441FBUmKN.jpeg Menko Luhut Jajal Motor Listrik (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Luhut, hari ini menghadiri pameran dan parade kendaraan bermotor listrik di Simpang Monas, Jakarta.

Pada sambutannya, Menko Luhut meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN), memberi kesempatan bagi swasta untuk membuka stasiun pengisian kendaraan listrik.

"Jadi, saya senang Direktur Utama (PLN) ini sudah bikin charging untuk kendaraan listrik. Namun saya bilang nanti bikinnya jangan anak usahanya lagi. Biarkan swasta. Biar mereka berkembang. Nanti jangan BUMN sentris," kata Luhut, Sabtu (31/8/2019).

Kenapa swasta yang harus ambil? Menurutnya, demi lancarnya akses masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik sebagai kendaraan sehari-hari.

"Dengan banyaknya stasiun-stasiun pengisian listrik yang dikelola berbagai macam sektor, maka minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik akan lebih besar," ungkap dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya berpesan bahwa program kendaraan listrik ini diutamakan pada produk dalam negeri, dan tak boleh mementingkan ego sektoral.

"Pemerintah terus terang berpihak pada produk dalam negeri. Apa yang dibuat sangat bagus. Jadi sinergi pejabat pemerintah penting. Jangan ada ego sektoral," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini