nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investasi dari Uang Tip dan Jadi Kaya, Caranya?

Delia Citra, Jurnalis · Senin 02 September 2019 09:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 01 320 2099300 investasi-dari-uang-tip-dan-jadi-kaya-caranya-pwLQEfCerF.jpg Menabung dan Investasi (Foto Shutterstock)

JAKARTA - Memberi uang tip bukan suatu kewajiban. Uang tip biasanya diberikan pelanggan atau konsumen karena puas dengan pelayanan yang telah diberikan.

Tapi tahukah kamu memberi uang tip tidak akan membantu kamu meraih cita-cita menjadi kaya. Untuk menjadi kaya, sebaiknya perhatikan sistem belanja, menabung serta berinvestasi.

 Baca Juga: Bingung Beli Rumah atau Sewa? 5 Hal Ini Bantu Temukan Jawaban

Namun, uang tip yang biasanya kamu berikan dapat dimanfaatkan untuk menabung dan mendapatkan bunga, memakai kartu kredit yang mendapat hadiah serta rencana pensiun 401 (k).

Berikut tips mengelola keuangan yang baik dan bisa berinvestasi dari kebiasaan memberi uang tip seperti dilansir Business Insider, Jakarta, Senin (2/9/2019).

1. Mengecek 401 (k)

Jika atasan kamu menawarkan untuk mencocokkan kontribusi dengan 401 (k) kamu, bawa mereka. Ini adalah uang gratis dan batasnya biasanya akan sama dengan persentase dari gaji kamu, jadi ada tujuan yang jelas untuk dituju

Apa yang harus dilakukan: Periksa dokumen rencana 401 (k) Anda atau hubungi tim sumber daya manusia di perusahaan kamu untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kecocokan pemberi kerja kamu dihitung.

 Baca Juga: Kamu Pejuang Cicilan KPR dan KKB? Ini Cara Bijak Mengelola Keuangan

Minimal, para ahli keuangan merekomendasikan kontribusi uang yang cukup untuk rencana 401 (k) kamu untuk memenuhi syarat untuk sebelum mengalihkan perhatian kamu ke rekening pensiun lain yang diuntungkan pajak.

2. Memiliki banyak tabungan

Jika kamu memiliki tujuan untuk membangun kekayaan, kamu mungkin harus memiliki banyak tabungan.

Penting untuk menyimpan cukup uang tunai di rekening yang mudah diakses untuk menutupi pengeluaran bulanan, memanfaatkan keadaan darurat, dan mendanai pembelian besar, tetapi apa pun di luar itu akan memiliki potensi terbesar untuk pertumbuhan ketika berinvestasi di pasar saham.

Apa yang harus dilakukan: Pakar keuangan Ramit Sethi mengatakan tempat terbaik dan paling dapat diandalkan untuk mulai berinvestasi adalah melalui rekening pensiun kamu. Jika kamu secara konsisten memiliki sisa uang tunai tambahan di akhir bulan setelah membayar tagihan kamu dan mendanai tujuan tabungan kamu, pertimbangkan untuk meningkatkan kontribusi pensiun kamu

 Nilai Tukar Rupiah Masih Menguat 24 Poin di Level Rp14.052

3. Miliki rekening tabungan hasil tinggi

Jika tabungan kamu masih tersimpan dalam tabungan biasa atau giro yang menghasilkan bunga kurang dari 1%, kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak saat tidur.

Rekening tabungan hasil tinggi adalah tempat yang hebat untuk menyimpan uang untuk keadaan darurat dan tujuan jangka pendek, termasuk uang yang ingin kamu investasikan. Tidak ada risiko kehilangan, uang mudah diakses, dan saldo kamu tumbuh tanpa usaha.

Apa yang harus dilakukan: Transfer dana darurat kamu dan uang spesifik tujuan apa pun ke dalam rekening tabungan hasil tinggi, atau banyak. Pilih akun yang menghasilkan bunga minimal 2% dan kamu akan dapat mengalahkan inflasi untuk menumbuhkan uang itu menjadi lebih banyak lagi.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Terdepresiasi 50 Poin

4. Menggunakan kartu kredit yang berikan hadiah

Kartu kredit yang memberikan hadiah adalah yang harus dimiliki pada tahun 2019. Kamu dapat memperoleh poin, tunjangan, dan uang tunai yang dapat bernilai hingga ratusan dolar per tahun.

Apa yang harus dilakukan: Pilih kartu kredit hadiah yang memaksimalkan pembelian yang sudah Anda lakukan.

5. Manfaatkan fasilitas karyawan

Manfaat yang didapatkan karyawan itu berharga, tetapi terlalu sering diabaikan. Sebagian besar perusahaan menawarkan beberapa manfaat di luar asuransi kesehatan dan rencana pensiun, seperti keanggotaan gym diskon, penggantian tagihan ponsel Anda, atau tunjangan untuk transportasi umum.

Apa yang harus dilakukan: Luangkan waktu 10 menit untuk menjangkau tim sumber daya manusia di perusahaan Anda dan mengisi semua dokumen yang diperlukan atau aplikasi online untuk mengklaim keuntungan kamu. Kamu mungkin terkejut dengan apa yang bersedia dibayar oleh atasan kamu.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Terdepresiasi 50 Poin

6. Meninjau pemotongan pajak

Bulan April bukan satu-satunya bulan menghitung pajak. Jika kamu adalah karyawan W-2 dan berganti pekerjaan, mendapat kenaikan gaji, menikah, punya bayi, atau mempersulit situasi pajak Anda, mungkin sudah saatnya untuk meninjau dan menyesuaikan pemotongan pajak Anda.

Jumlah tunjangan pemotongan yang kamu klaim menunjukkan berapa banyak setiap gaji akan ditahan oleh atasan kamu untuk membayar IRS. Jika terlalu banyak ditahan, Anda akan mendapatkan pengembalian uang besar. Jika terlalu sedikit dipotong, kamu akan mendapatkan tagihan pajak.

Apa yang harus dilakukan: Kumpulkan potongan pembayaran SPT tahun lalu untuk menggunakan estimator pemotongan pajak IRS. Jika jumlah tunjangan pemotongan yang disarankan berbeda dari yang ada di paystub kamu, minta tim sumber daya manusia kamu untuk mengubahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini