nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Beli Rumah atau Sewa? 5 Hal Ini Bantu Temukan Jawaban

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 14:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 470 2096762 bingung-beli-rumah-atau-sewa-5-hal-ini-bantu-temukan-jawaban-LZ5mrcKHUJ.jpg Bingung Ingin Beli Rumah atau Sewa (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Membeli atau menyewa rumah, merupakan pilihan yang membuat dilema. Jika berpikir biaya sewa rumah itu mahal, tapi kamu akan terkejut ketika mengetahui segala biaya tersembunyi saat memiliki rumah sendiri.

Secara finansial membeli rumah memang membutuhkan uang besar dan komitmen yang sangat tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang menganggap sewa lebih menguntungkan ketimbang memiliki rumah sendiri.

Baca Juga: Butuh Kredit Usaha, Simak Seluk-beluknya di Sini

Dilansir dari Business Insider, Selasa (27/8/2019), berikut 5 tanda bahwa kamu harus tetap menyewa daripada membeli.

1. Kamu tidak perlu menyisihkan dana untuk uang muka beli rumah

Seorang Perencana Keuangan sekaligus Analis Berita Bisnis CBS Jill Schlesinger mengatakan, ketika dana untuk uang muka rumah dan dana darurat disatukan, berarti Kamu belum siap untuk membeli rumah.

Ilustrasi Rumah Shutterstock

"Dana darurat itu diproyeksikan untuk membayar utang. Artinya ketika memiliki rumah bukan berarti tidak ada pengeluaran tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, darurat medis dan krisis dalam keluarga. Sebenarnya, bisa mendapat rumah dari biaya tak terduga. Namun jika tidak memiliki uang yang cukup banyak, maka akan sulit membuat keputusan," ujarnya.

2. Biaya bulanan untuk rumah melebihi 30% dari penghasilan kotor

Jika ingin punya kekayaan secepatnya, maka biaya yang kamu keluarkan untuk rumah tidak boleh lebih besar dari 30% penghasilan. Apabila sudah mencapai batas untuk membayar biasa sewa dan lainnya, berarti belum waktunya untuk membeli rumah.

Baca Juga: Membeli Rumah atau Mobil yang Harus Didahulukan?

3. Belum sanggup membeli furniture

Membeli rumah membuat Kamu memiliki banyak ruang dan harus segera diisi oleh berbagai macam furniture. Seorang Perencana Keuangan Colin Moynahan menyatakan kalau banyak pembeli rumah yang lupa bahwa mereka juga harus menyisihkan dana untuk membeli furnitur.

"Mereka menghabiskan seluruh uang untuk membayar uang muka rumah yang dibeli. Sekarang mereka harus mengisi rumah tersebut dengan furnitur," kecam Moynahan.

4. Skor Kredit Kamu berada di bawah 620

Di Amerika Serikat, untuk memenuhi syarat hipotek konvensional memerlukan skor kredit minimal 620, dengan catatan pinjaman tersebut didukung oleh pemberi pinjaman swasta bukan lembaga pemerintah.

Ilustrasi Rumah Shutterstock

Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin besar peluang Kamu mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah. Hipotek konvensional memerlukan uang muka minimal 5% dari harga pembelian, dan uang muka di bawah 20% juga akan memerlukan asuransi hipotek pribadi.

5. Pekerjaan memaksa Kamu untuk berpindah-pindah

Jika Anda tidak ingin bertahan dipekerjaan yang saat ini sedang ditekuni, atau pekerjaan selalu membuat hidup berpindah-pindah, Maka bukan ide yang bagus untuk membeli rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini