nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Fakta, 80% Pasar Gambir Dunia Dipasok dari Indonesia

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 03 September 2019 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 03 320 2100171 terungkap-fakta-80-pasar-gambir-dunia-dipasok-dari-indonesia-cMgu6VfOjX.png 80% Gambir Dunia Dipasok dari Indonesia (Foto: Instagram/Kementan)

JAKARTA - Pernahkah mendengar tentang tanaman gambir? Mungkin bagi sebagian orang nama tanaman ini masih terdengar asing. Namun, siapa sangka nilai ekspor gambir Indonesia dari tahun ke tahun justru meningkat.

Gambir identik sebagai bahan pelengkap kunyahan campuran sirih dan kapur hasil pembakaran cangkang kerang. Selain itu, gambir juga menjadi bahan baku bagi kalangan industri farmasi, tekstil, pangan, kosmetik, dan sebagainya.

 Baca Juga: Menggebrak, Kacang Tanah Indonesia Tembus Pasar Dunia

Melansir keterangan foto Instagram resmi Kementerian Pertanian, Selasa (3/9/2019), tanaman dengan nama ilmiah Uncaria ini memiliki prospek pengembangan tanaman dalam skala luas dan potensinya juga masih sangat terbuka luas. Dalam keterangan fotonya, Kementan menambahkan bahwa 80% pasar gambir dunia berasal dari Indonesia.

Selama 2018, ekspor gambir tercatat mencapai 18 ribu ton dengan nilai USD55 juta. Pasar ekspor gambir di Indonesia meliputi India, Jepang, Pakistan, Filipina, Bangladesh, dan Malaysia. Sedangkan di India, permintaan gambir meningkat sebesar 13-14 ribu ton per tahun.

 Baca Juga: RI Eksportir Gambir Terbesar Dunia, Olahannya untuk Industri Farmasi hingga Kosmetik

Melalui postingannya, Kementerian Pertanian juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi pertanian Indonesia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini