nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Persiapan Jaringan di Ibu Kota Baru?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 470 2101023 bagaimana-persiapan-jaringan-di-ibu-kota-baru-im5L60BSlU.jpg XL soal Persiapan Jaringan di Ibu Kota Baru (Foto: Okezone/Yohana)

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk mengaku sudah memiliki infrastruktur dasar untuk memenuhi kebutuhan jaringan di wilayah ibu kota baru. Pemerintah memang bakal memindahkan ibu kota ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menyatakan, pihaknya sudah memiliki jaringan fiber optik yang membentang sepanjang Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur. Selain itu, juga memiliki tower Base Transceiver Station (BTS) di beberapa kabupaten/kota.

 Baca Juga: Beli Tanah di Ibu Kota Harus Segera Dibangun Rumah, REI: Itu Tantangan

Jaringan XL saat ini ada di sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur yang didukung lebih dari 2.000 BTS. Sedangkan untuk jaringan 4G LTE mereka sudah ada di tujuh kabupaten/kota dengan lebih dari 650 BTS.

"Jadi infrastruktur dasar sudah siap. Di Kalimantan itu sudah terhubung dengan jaringan fiber optik dengan Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi. BTS juga sudah ada di beberapa kabupaten," ujarnya di XL Tower, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

 Baca Juga: Jokowi Berencana Jual Tanah di Ibu Kota Baru ke Individu, Berminat?

Menurutnya, jaringan XL sudah menjangkau 95% populasi di Pulau Kalimantan yang dihuni sekitar 21,25 juta penduduk. Pihaknya pun siap untuk mendukung kebutuhan jaringan di lokasi ibu kota baru.

Meski demikian, untuk melakukan perluasan jaringan di wialayah ibu kota baru itu, Dian mengaku, masih menunggu rancangan pasti atau grand design dari pemerintah untuk pembangunan ibu kota.

"Yang perlu didapatkan data-data plan-nya ibu kota tersebut. Sampai sekarang ini kami kan belum tahu, itu yang kami tunggu dari pemerintah," jelas dia.

 Ibu Kota Pindah

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini