nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Belum Matang, Pengembang Kakap Tetap Berebut Proyek Ibu Kota Baru

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 05 470 2101027 konsep-belum-matang-pengembang-kakap-tetap-berebut-proyek-ibu-kota-baru-pg6yco1xCw.jpg Pengembang Minat Bangun Properti di Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyatakan siap membangun properti di lokasi ibu kota baru. Meskipun konsep ibu kota yang resmi dipindahkan ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) belum matang.

Baca Juga: Bagaimana Persiapan Jaringan di Ibu Kota Baru?

"Di sana sudah ada Sinar Mas Land, Agung Podomoro, Waskita, dan lain-lain, bahkan sudah di sana selama 15 tahun. Mereka sudah punya tanah di Balikpapan, Samarinda, ataupun di sekitar ibu kota terbaru kita," ujar Wakil Ketua DPP REI Hari Gani, di Kembang Goela, Kamis (5/9/2019).

Infografis pemindahan ibu kota baru

Meski demikian, dia menyayangkan belum juga rampung konsep untuk membangun di ibu kota baru. Padahal, pemerintah sudah sangat mengharapkan partisipasi dari pihak pengembang.

Baca Juga: Beli Tanah di Ibu Kota Harus Segera Dibangun Rumah, REI: Itu Tantangan

"Saat ini pemerintah sedang menyusun konsep untuk ibu kota negara bagaimana pola investasi, pola penjualan kavling-kavling itu. Pemerintah sangat mengharapkan pihak pengembang untuk berpartisipasi di sana dan kami siap. Tinggal seperti apa nanti konsepnya yang fix, apakah kita jadi sub developer, skema investasinya seperti apa, bayarnya berapa," terang Hari.

Sementara itu, untuk kepastian harga tanah juga masih belum jelas. Pasalnya, belum ada infrastruktur di sana.

"Untuk harga belum bisa berspekulasi karena di sana belum ada infrastruktur alias belum ada apa-apa. Pokoknya harga pasti beda, kalau kita ditawarkan sekarang maupun nanti setelah infrastruktur sudah ada," ucapnya.

Sebagai informasi, ibu kota baru tepatnya akan dipindahkan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini