Raja Salman Ganti Menteri Energi dengan Putranya

Senin 09 September 2019 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 09 320 2102438 raja-salman-ganti-menteri-energi-dengan-putranya-PdtaVbBSwt.jpg Pangeran Abdulaziz bin Salman (kanan) (Foto: Okezone.com/VoA Indonesia)

ARAB SAUDI - Raja Arab Saudi Salman mengganti menteri energi negara itu dengan salah seorang putranya. Raja Salman mengumumkan nama Pangeran Abdulaziz bin Salman untuk duduk di salah satu posisi terpenting di negara itu, sementara harga minyak tetap di bawah nilai yang dibutuhkan untuk mengimbangi pengeluaran pemerintah.

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Senin (9/9/2019), Menteri Energi yang baru itu adalah saudara tiri Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Pangeran Abdulaziz menggantikan Khalid Al-Falih yang telah menjabat sejak tahun 2016.

 Baca juga: Saudi Aramco Bakal IPO di Bursa Tokyo?

Sebelum memangku jabatan itu Pangeran Abdulaziz sudah memiliki pengalaman di sektor energi Arab Saudi dan dinilai sebagai pilihan yang aman dan tepat. Apalagi, untuk memimpin kementerian yang akan mengawasi produksi salah satu eksportir minyak terbesar di dunia.

Raja Salman

Ia telah menjabat beberapa posisi senior dalam Kementerian Energi selama lebih dari 30 tahun. Selain itu, terakhir kali sebagai Menteri Negara Urusan Energi.

 Baca juga: Sasar Bisnis Umrah, RI-Arab Saudi Perkuat Ekonomi Digital

Meskipun memiliki posisi penting untuk mengawasi portofolio energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz tidak dekat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, putra raja yang paling berkuasa dan dipersiapkan menjadi pewaris.

Penunjukkan Pangeran Abdulaziz menandai keberadaan seorang pangeran dari keluarg Al Saud, yang berkuasa memimpin kementerian energi yang strategis.

Langkah ini diambil ketika harga minyak mentah jenis Brent di bawah 60 dolar per barel, jauh di bawah kisaran 80-85 dolar per barel yang menurut para analis dibutuhkan untuk menyeimbangkan anggaran Arab Saudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini