nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kata Menko Luhut soal Esemka Mirip Mobil China

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 09 September 2019 17:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 320 2102582 kata-menko-luhut-soal-esemka-mirip-mobil-china-YQ3HmX8Sm2.jpg Presiden Jokowi Resmikan Mobil Esemka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan turut bicara terkait model mobil produksi Esemka jenis Bhima, yang mirip dengan Changan Star Truck, asal China. Menurut dia, pada prinsipnya mobil tersebut sepenuhnya dikerjakan dan diproduksi oleh anak bangsa.

Luhut menegaskan, hal terpenting adalah Indonesia kini memiliki industri automotif nasional sendiri. Ditandai dengan hadirnya pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 5 September 2019.

Baca Juga: Jokowi: Mobil Esemka Beri Efek Berantai bagi Industri Automotif

"Kan sudah jadi ada pabriknya, semua pekerjanya orang Indonesia, kan bagus artinya," ujar dia saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dia menyatakan, dengan adanya pabrik Esemka maka segala produksi merupakan hasil jerih parah anak bangga, bukan kreasi dari pihak asing. Meski komponennya berasal dari negara lain, namun menurut Luhut, itu menjadi bagian dari rantai pasokan yang ada di dunia internasional, sehingga tidak perlu dijadikan persoalan.

Esemka

"Kita ini kayak kurang kerjaan saja ngomong-ngomongin itu. Mobil-mobil murah dipakai rakyat biasa, mau datang dari bulan, dari mana itu yang penting kan ada di situ dia," tegasnya.

Sebelumnya, kemiripan mobil Esemka jenis Bima dengan mobil asal China dibicarakan karena nampak sama mulai dari depan, samping hingga bagian belakang mobil. Mobil ini berjenis pikap.

Baca Juga: Menhub Targetkan Pemasaran Mobil Esemka hingga ke Myanmar

Anggota DPR Ketua Fraksi Hanura, Inas N Zubir mengungkapkan, semua pihak untuk menghargai terlebih dahulu kreasi anak bangsa. Menurutnya, Esemka bisa menjadi pionir terciptanya produksi kendaraan mobil dalam negeri di Indonesia.

Menurutnya, PT Solo Manufaktur Kreasi, telah mengarungi jalan yang terjal untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini dalam mewujudkan mobil buatan Indonesia, sejak tahun 2007. Esemka, awalnya merupakan inisiatif Wali Kota Solo pada waktu itu masih dijabat Jokowi untuk memotivasi pelajar SMKN 1 Solo dalam merakit mobil dalam negeri pertama.

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Dalam Negeri Esemka

"Perjalanan yang tidak mudah tersebut akhirnya membuahkan hasil, walaupun baru merakit mobil buatan Cina tapi sudah mengandung komponen-komponen dalam negeri dan seharusnya para politikus-politikus bawel tersebut mendukung niat baik tersebut," jelas dia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini