Apartemen Jack Ma saat Awal Membangun Alibaba, Begini Penampakannya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 10 320 2103021 apartemen-jack-ma-saat-awal-membangun-alibaba-begini-penampakannya-ElXcWrHVYo.jpg Apartemen Jack Ma (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil Akhir)

HANGZHOU - Berawal dari sebuah apartemen kecil yang berlokasi di Hupan Garden, Hangzhou, China, Jack Ma mendirikan Alibaba pada 1999. Siapa sangka, usahanya itu menjelma menjadi raksasa e-commerce dunia.

Dari apartemen ini, Jack Ma selain mendirikan Alibaba juga membuat beberapa perusahaan seperti Taobao hingga Alipay. Dirinya pun sempat membuat video singkat mengenai apartemen tersebut di saat Alibaba berusia 20 tahun.

 Baca juga: Penuh Emosional, Jack Ma Kenang 20 Tahun Alibaba dari Apartemen Lamanya

Apartemen jack Ma (Dani Jumadil/Okezone)

Alibaba group merupakan e-commerce terbesar di China yang kini sudah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konglomerasi yang menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, e-commerce hingga cloud computing.

Tepat hari ini Alibaba sudah berusia 20 tahun. Jack Ma pun mengundurkan diri dari posisi chairman dan meneruskan tongkat estafet ke CEO Alibaba Daniel Zhang.

 Baca juga: Flashback Berdirinya Alibaba, Jack Ma: Kita Jangan Kehilangan Impian

Selama 20 tahun tersebut banyak kisah yang dialami Jack ma. Dari dirinya rela berkerja berlarut-larut membangun Alibaba hingga saat ini menjadi besar.

Oleh sebab itu, Okezone mendapat kesempatan untuk mengulik apartemen yang menjadi saksi sejarah panjang bagi Jack Ma. Berikut pengalaman salah satu jurnalis Okezone.

 Baca juga: Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Kembali Mengajar

Sebelum memasuki apartemen Jack Ma, terpampang tulisan besar huruf China jika diartikan adalah Hupan Garden.

Berbeda pada apartemen umumnya layaknya di Jakarta, lingkungan apartemen Jack Ma tampak seperti perumahan dan bangunannya tidak menjulang tinggi. Bangunan apartemen ini hanya terdiri dari empat lantai dan posisi apartemen Jack Ma di lantai 2.

 Lingkungan Apartemen Jack Ma (Dani Jumadil Akhir/Okezone)

Langkah demi langkah menaiki anak tangga untuk menggerebek apartemen Jack Ma.

Sampai di lantai 2, pintu apartemen Jack Ma berwarna cokelat dengan ada tempelan background berwarna merah serta huruf China berwarna hitam.

 Pintu Apartemen Jack Ma (Dani Jumadil Akhir/Okezone)

Namun sayangnya, Okezone hanya diperbolehkan melihat dari depan saja, tidak sampai masuk ke dalam ruangannya. Hal ini dikarenakan di dalam ruangan tersebut, nyatanya masih ada pekerja dari Alibaba untuk mengembangkan berbagai macam bisnis.

Meski sudah tidak ditinggali Jack Ma lagi, apartemen tersebut masih digunakan jadi 'basecamp' Alibaba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini