nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyeruput Kopi Buatan Robot, Aksinya Tak Kalah Jago dari Barista

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 07:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 11 320 2103288 menyeruput-kopi-buatan-robot-aksinya-tak-kalah-jago-dari-barista-blDpWEbfEL.jpg Robotic Bartender di FlyZoo Hotel, China. (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil)

HANGZHOU - Menikmati secangkir kopi buatan manusia itu sudah biasa. Tapi apa jadinya jika yang membuat kopi adalah robot layaknya seorang barista?

Mungkin itu jadi pengalaman menarik ketika Okezone menyeruput kopi buatan robot di Hangzhou, China.

Robot pembuat kopi ini sebut robotic bartender yang berlokasi di FlyZoo Hotel. Hotel masa depan dari Alibaba Group karena hampir semua pelayannya menggunakan robot.

Baca Juga: Menilik Kesiapan Kopi Bajawa untuk Mendunia

Gerai kopi ini yang masih menjadi layanan FlyZoo Hotel bernama Ratio. Robotic bartender ini selain bisa membuat kopi, tetapi juga multi talenta karena bisa membuat minuman lain seperti cocktails hingga ice blend.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Robot Pembuat Kopi

Pertama, konsumen bisa memesan minuman langsung kepada pelayan dengan berbagai macam menu yang ditawarkan. Pelayan ini masih berwujud manusia.

Kedua, setelah pesanan sudah dipilih, robotic bartender tersebut langsung melakukan aksinya dalam membuat minuman.

Baca Juga: Awas, Jangan Berani-Berani Ketuk Pintu Bekas Apartemen Jack Ma!

Hal pertama yang dilakukan robot berwarna putih ini adalah mengambil gelas sesuai pesanan dan mencuci gelas yang akan dijadikan tempat untuk meminum kopi maupun cocktails.

Kemudian, robot tersebut mencampur bahan dasar dari setiap minuman yang dipilih konsumen ke dalam wadah layaknya seorang bartender maupun barista.

Robot Pembuat Kopi

Bahkan robot tersebut bisa mengaduk bahan dasar minuman dan mencampurnya dengan es batu. Aksi robot ini berlanjut dengan meng-shake minuman tersebut sebelum dituangkan ke dalam gelas yang sudah bersih dicuci.

Setelah minuman tersebut selesai, robot kembali ke posisi semua dan pelayan memanggil pelanggan yang memesan kopi atau cocktails tersebut.

Cara kerja robot pembuat kopi ini selama 2 menit. Okezone pun merasakan kopi buatan robot. Hasilnya pun tidak kalah enak dari bartender yang sudah ahli.

Robot Pembuat Kopi

Jadi memang peran manusia bisa digantikan oleh robot adalah sebuah keniscayaan. Berbagai macam pekerjaan pun sudah mulai digantikan oleh robot.

Apakah ini akan menciptakan banyak pengangguran? So yang pasti kita harus bersiap diri dalam menghadapi era industri digital atau revolusi industri 4.0 yang tengah berlangsung saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini