nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Dunia Lesu, Presiden: Ini Justru Peluang bagi Insinyur Asean

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 11 September 2019 11:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 11 320 2103379 ekonomi-dunia-lesu-presiden-ini-justru-peluang-bagi-insinyur-asean-GDKJvn46r4.jpeg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Asean harus berusaha memanfaatkan kemunduran ekonomi di beberapa kawasan sebagai peluang untuk bisa melompat ke depan. Ia pun menilai tidak ada cara lain yang bisa dilakukan negara-negara Asia Tenggara ini selain mengembangkan inovasi dan melakukan terobosan.

"Sehingga dalam situasi ekonomi dunia yang sedang sulit seperti sekarang ini justru menjadi peluang bagi kita di Asean untuk berkembang lebih cepat," jelasnya dalam acara ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga: Dampak Perang AS-China, Presiden Jokowi: Ada Peluang untuk Para Pengusaha Mebel di Indonesia

Jokowi menjelaskan, dengan jumlah penduduk sekitar 600 juta, Asean merupakan sebuah kekuatan besar ekonomi dunia. Asean telah membuktikan sebagai kawasan yang aman, stabil, dan dengan pertumbuhan ekonomi yang mengagungkan.

"Untuk tumbuh besar lagi maka kita butuh sinergi lebih banyak lagi. Namun negara-negara Asean harus saling membantu satu dengan yang lainnya termasuk di antara insinyur yang ada," paparnya.

Baca Juga: Sebut Ekonomi Dunia Sedang Tak Ramah, Presiden Beberkan Alasannya

Jokowi senang adanya standar kompetensi yang sama di antara negara Asean. Dengan begitu, memungkinkan mobilitas para insinyur lintas negara di Asean akan lebih mudah. Kerja sama antarinsinyur di Asean ini juga dinilai penting untuk terus ditingkatkan.

"Asosiasi ini bisa memfasilitasi anggotanya untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta saling bersinergi satu dengan yang lainnya," kata Jokowi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini