nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penduduk Asean Capai 600 Juta, Bukti Kekuatan Besar Ekonomi Dunia

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 12:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 320 2103407 penduduk-asean-capai-600-juta-bukti-kekuatan-besar-ekonomi-dunia-34R6lsPxh1.jpeg Presiden Joko Widodo Membuka The 37th Conference Asean Federation of Engineering Organizations (Foto: Okezone.com/Taufik Fajar)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dengan jumlah penduduk sekitar 600 juta, Asean merupakan sebuah kekuatan besar ekonomi dunia.

Hal itu, diungkapkan pada kegiatan konferensi organisasi Insinyur se-Asean ke-37 di Jiexpo Kemayoran Jakarta. Acara tersebut juga dihadiri dihadiri lebih dari 1.000 insinyur se-Asean.

"Asean telah membuktikan diri sebagai kawasan yang aman, stabil, pertumbuhan ekonomi yang mengagungkan, untuk tumbuh besar lagi maka kita butuh sinergi lebih banyak lagi," ujar dia, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga: Ketum PII: Kami Akan Susun Database Keinsinyuran Pertama di Indonesia

Namun, lanjut dia, negara-negara Asean harus saling membantu satu dengan yang lainnya termasuk di antara insinyur yang ada.

"Saya senang telah terdapat muncul recognition agreement di antara insinyur-insinyur di Asean sehingga terdapat standar kompetensi yang sama di antara negara. Dan memungkinkan mobilitas para insinyur lintas negara di Asean lebih mudah," ungkap dia.

Baca Juga: Di Hadapan Insinyur Se-Asean, Jokowi Unjuk 4 Unicorn dan Deacacorn Indonesia

Dia menjelaskan kerja sama antar insinyur di Asean ini penting untuk terus ditingkatkan. Dirinya yakin setiap negara Asean punya kekuatan masing-masing.

"Asosiasi ini bisa memfasilitasi anggotanya untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta saling bersinergi satu dengan yang lainnya," pungkas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini