nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kualitas Laporan Pihak Pelapor ke PPATK Harus Ditingkatkan

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 21:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 320 2104179 kualitas-laporan-pihak-pelapor-ke-ppatk-harus-ditingkatkan-QsHC82SMCW.jpg Acara PPATK (Foto: Okezone.com/Wahyu)

DEPOK – Kualitas laporan pihak pelapor ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, pelatihan terhadap pihak pelapor harus ditingkatkan di 2020.

Kepala Pusdiklat Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) Akhyar Effendi mengatakan, nantinya pelatihan dilakukan di Pusdiklat APUPPT, Tapos, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

 Baca juga: Wakil Kepala PPATK Terpilih Jadi Regional Representative The Egmont Group Asia Pasifik

"Pada 2020 akan memprioritaskan pelatihan kepada pihak pelapor, lantaran masih banyak laporan yang disampaikan pihak pelapor ke PPATK yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan kualitas laporannya," kata Akhyar di Pusdiklat APUPPT, Tapos, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (12/9/2019).

 PPATK

Menurut dia, nantinya materi pelatihan akan fokus pada apa saja yang harus dilaporkan serta standar dan kualitas pelaporan data menurut PPATK. Selain itu, pihaknya juga akan membantu peserta pelatihan untuk mendaftar ke aplikasi pelaporan milik PPATK Grips.

 Baca juga: Layanan Pinjaman Online Timbulkan Risiko Pendanaan Teroris

"Pelapor yang dimaksud dalam PPATK terbagi atas penyedia jasa keuangan (PJK) bank dan non-bank seperti lembaga perbankan, perusahaan asuransi, dan bursa efek. Kategori kedua adalah penyedia barang dan jasa, kategori ketiga adalah kelompok profesi yang meliputi sejumlah pekerjaan seperti advokat, akuntan publik, dan notaris," jelasnya.

Diketahui, pembangunan gedung ini dimulai sejak masa kepemimpinan Ketua PPATK Muhammad Yusuf di tahun 2016. Pembangunan gedung empat lantai ini memakan biaya Rp 83 miliar. Gedung ini dilengkapi fasilitas komplit, mulai dari ruang kelas, auditorium, asrama, dan fasilitas olahraga.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini