nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kena Kabut Asap, Kecepatan Kapal Laut Menurun

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 10:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 17 320 2105773 kena-kabut-asap-kecepatan-kapal-laut-menurun-YmKJ9BSx3q.jpg Kabut Asap di Pangkalan Bun Kalteng Kian Parah. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan selain pesawat terbang, kapal laut yang melakukan pelayaran juga terkena dampak kabut asap di Sumatera dan Kalimantan.

"Pelayaran terdampak kabut asap, tapi belum terlalu karena kecepatan dari kapal ini relatif tidak cepat," ujar dia di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga: Seorang Bayi Dikabarkan Meninggal Akibat Kabut Asap

Sebelumnya, beberapa pesawat terbang melakukan delay atau penundaan bahkan membatalkan penerbangan di wilayah Sumatera dan Kalimantan akibat kabut asap di daerah tersebut.

Kabut Asap

Terkait itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan ada pesawat yang delay akibat kabut asap hampir 50%. Sedangkan pesawat batal terbang mungkin hampir 20%. Dan untuk kasus ini maskapai tidak bisa dikenakan ganti rugi.

Baca Juga: 3 Bandara di Kalimantan Barat Terdampak Kabut Asap

"Karena penyebabnya kabut asap. Ini bisa dikatakan force majeure (keadaan memaksa). Maka itu, kita tidak bisa mengenakan ganti rugi pada penerbangan," ujar dia di Kompleks Senayan DPR Jakarta.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini