nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berencana Cat Dinding Kamar Mandi atau Dapur? Perhatikan 4 Hal Berikut

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 08:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 470 2105740 berencana-cat-dinding-kamar-mandi-atau-dapur-perhatikan-4-hal-berikut-yttzJLljOk.jpg Mengecat Dinding. (Foto: Okezone.com/Diynetwork)

JAKARTA - Kebanyakan orang memanfaatkan cat enamel untuk memberikan perlindungan terbaik pada dinding kamar mandi dan dapur, karena memiliki kondisi lembab.

Namun, sekarang cat lateks atau akrilik menjadi pilihan lain karena dapat memudahkan pembersihan dan diyakini lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Waspadai Pengalihan Kredit Atas Azas Kepercayaan, Kenapa?

Cat akrilik untuk dapur dan kamar mandi memiliki sifat anti jamur dan menghasilkan pori-pori dinding yang lebih kecil untuk melindungi penyakit berbahaya dan alergi yang terkait dengan spora jamur. Cat akrilik juga memberikan kesan dinding seperti kulit telur, beludru dan semi gloss.

Namun, mengecat dinding tidaklah mudah. Apa lagi mengecat dinding kamar mandi dan dapur yang mana dindingnya akan lembab di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Masalah Dapur Beserta Solusinya, Nomor 6 Paling Sering Dihadapi

Tapi jangan khawatir, berikut 4 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengecat dinding dilansir dari Property 24, Selasa (17/9/2019):

1. Persiapkan Permukaan Dinding

Jika kamu memilih cat, gosoklah dinding dengan sabun dan gula agar permukaan dinding akan tampak halus. Kemudian bilaslah dengan air.

Cat Dinding

Jangan lupa untuk tetap menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan saat mengerjakan ini. Hal ini baik dilakukan sebelum kamu kuaskan cat ke dinding.

2. Cat Berbuih

Sebelum kamu mengecat dinding, pastikan dinding sudah bebas dari debu sehingga ketika kamu mulai mengecat tidak akan ada cat yang berbuih dan akan memberikan hasil akhir yang tidak mulus.

Cat Dinding

3. Kelembaban di dalam bata yang ada di dinding

Jika masalahnya ada di kelembaban dinding bagian dalam, maka, sebelum mengaplikasikan cat, rawat dinding dengan primer plaster agar keadaan dalam dinidng benar-benar kering.

Cat Dinding

4. Kurangnya Ventilasi

Ini akan menjadi masalah besar saat musim dingin untuk kamu yang akan mengecat dinding. Ventilasi berguna untuk sirkulasi udara di dalam ruangan, maka dari itu buka lah jendela saat mandi dan biarkan uap di dalam kamar mandi hilang dan dinding akan mengering dengan sendirinya. Hal ini juga akan membantu mengontrol kelembaban dinding kamar mandi atau dapurmu.

Cat Dinding

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini