nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Sulawesi Juga Akan Dapat Manfaat Ekonominya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 12:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 320 2106750 ibu-kota-pindah-sulawesi-juga-akan-dapat-manfaat-ekonominya-zeXWAWdbeT.jpeg Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Okezone.com/Giri Hartomo)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, pemindahan ibu kota akan berdampak positif bagi perekonomian. Dampak tersebut tak hanya akan dirasakan oleh daerah Kalimantan Timur yang menjadi lokasi dari ibu kota baru, tetapi daerah sekitarnya juga akan merasakan dampaknya.

Salah satu yang akan paling terkena dampaknya adalah Sulawesi Selatan, lalu disusul oleh Sulawesi Tengah dan beberapa daerah di Pulau Sulawesi. Setelah itu barulah daerah di Kalimantan, utamannya di Kalimantan Tengah.

Bambang Brodjonegoro Bicara dalam Diskusi Indonesia Pusat Ekonomi Islam Dunia

Tak hanya itu, lanjut Bambang, dirinya menyebut Pulau Jawa juga akan terkena dampak positif dari pemindahan ibu kota baru. Bahkan Jakarta juga akan merasakan manfaatnya meskipun memang hanya sebagian kecil saja.

“Investasi di Kalimantan Timur akan mendorong provinsi di sekitarnya. Sulawesi , Sulawesi Tengah dan lainnya. Baru Kalimantan Tengah dan provinsi lainnya, termasuk Jakarta meskipun lebih kecil,” ujarnya dalam acara konsultasi publik dengan BUMN Penyusunan RPJMN 2020-2024 di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Baca Juga: Modernnya Ibu Kota Baru, dari Sistem Kelistrikan hingga Tak Ada Gas Elpiji

Menurut Bambang, dengan adanya ibu kota baru ini akan ada diversifikasi ekonomi. Salah satu yang memiliki potensi besar adalah pada sektor jasa pemerintahan.

Saat ini ekonomi Kalimantan masih tergantung pada sumber daya alam seperti batu bara, bauksit, hingga kelapa sawit. Namun sayangnya, komoditasi ini dijual kepada pasar masih dalam bentuk mentah.

“Dengan adanya ibu kota baru ada diversifikasi ekonomi. Dengan ibu kota baru maka jadi ada sektor jasa, yakni jasa pemerintahan,” jelasnya.

JK dan Bambang Brodjonegoro Buka Indonesia Development Forum 2018

Menurut Bambang jika tak dipindahkan, maka ekonomi Kalimantan bisa semakin tengelam. Saat ini saja, Kalimantan merupakan pulau dengan pertumbuhan ekonomi paling rendah di antara pulau besar lainnya.

”(Dengan jadi) Ibu Kota baru maka tidak akan tenggelam karena akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Kalimantan saat ini kalah dengan Sumatera, Sulawesi, sama Jawa khususnya. Tentunya butuh energi baru untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga: Ketika Miliarder Sukanto Tanoto Kuasai Lahan Ibu Kota Baru

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini